HEADLINE NEWS

Direstui Mendagri, SBM dan Ridwan Zakariah Dilantik di Rujab Gubernur

KENDARINEWS.COM — Gubernur Sultra, Ali Mazi, piawai dalam urusan lobi-lobi. Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian merestui keinginan Ali Mazi untuk melantik secara langsung bupati di rumah jabatan gubernur. Gubernur Ali Mazi akan melantik Bupati Kolaka Timur (Koltim), Samsul Bahri Madjid (SBM) dan Bupati Buton Utara (Butur), 26 Februari, besok. Wakil Bupati Koltim Andi Merya Nur dan Wakil Bupati Butur, Ahali pun ikut dilantik.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Akmal Malik mengatakan Mendagri telah menyetujui pelantikan Bupati/Wakil Bupati Koltim dan Bupati/Wakil Bupati Butur secara langsung di rumah jabatan gubernur. Syaratnya, proses pelantikan mesti menerapkan protokol kesehatan (prokes) pencegahan Covid-19.

“Bahkan Mendagri menyampaikan akan membuka ruang bagi pemerintah provinsi yang akan melaksanakan kegiatan pelantikan secara luring bukan daring (online/virtual). Tapi harus menerapkan prokes ketat,” ujar Dirjen Otda Kemendagri, Akmal Malik dalam rapat virtual bersama para gubernur, termasuk Gubernur Sultra, Ali Mazi di rujab gubernur, Rabu (24/2) kemarin.

Teknis proses pelantikan diserahkan sepenuhnya kepada gubernur. Dengan melihat kondisi provinsi masing-masing berdasarkan kategori kondisi penyebaran Covid. Selain itu mempertimbangkan letak geografis da kesiapan aktor penting yang akan mengawal pelantikan sesuai prokes. Yakni Forkopimda, Satpol PP dan para petugas kesehatan.

Dirjen Otda Kemendagri, Akmal Malik menambahkan tamu undangan yang hadir dalam pelantikan mesti dibatasi. Tidak boleh lebih dari 25 orang dalam ruang pelantikan. “Sesuai arahan Mendagri, tidak boleh lebih dari 25 orang. Yang berada dalam ruang pelantikan hanya mereka yang dilantik, orang yang melantik, saksi-saksi dan rohaniawan. Sementara pelantikan istri bupati sebagai Ketua PKK dilakukan pada sesi berbeda atau ruang berbeda,” jelasnya.

Sementara itu, Plt.Kepala Biro Pemerintahan Setda Sultra, Basiran mengatakan pelantikan bupati bakal dilakukan secara langsung di rumah jabatan Gubernur Sultra secara bertahap. Pada tahap awal, pelantikan bupati pada 26 Februari, besok. Mereka yang dilantik adalah Bupati/Wakil Bupati Kolaka Timur, Samsul Bahri Madjid-Andi Merya Nur, Bupati/Wakil Bupati Buton Utara, Ridwan Zakariah dan Ahali.
“Surat Keputusan (SK) pengangkatan dan pelantikan Bupati/Wakil Bupati Koltim dan Bupati/Wakil Bupati Butur sudah ditandatangan Mendagri. Kami masih menunggu salinan atau petikan SK,” ujar Basiran.

Asisten 1 Setda Pemprov Sultra itu menambahkan sesungguhnya Pemprov Sultra berharap pelantikan bupati 26 Februari besok sudah menyertakan Bupati Konawe Kepulauan dan Penjabat (Pj) Bupati Konawe Selatan. “Namun SK pengangkatan dan pelantikan Bupati/Wakil Bupati Konkep dan Penjabat (Pj) Bupati Konsel masih dalam proses untuk ditandatangani Mendagri,” ungkap Basiran.

Kendati begitu, tak menutup kemungkinan Bupati/Wakil Bupati Konkep dan Penjabat (Pj) Bupati Konsel dilantik bersamaan Bupati/Wakil Bupati Koltim dan Butur apabila SK diterbitkan serentak oleh Kemendagri. “Kita upayakan agar empat kepala daerah bisa dilantik bersamaan. Namun tergantung terbitnya SK Mendagri, ” pungkas Basiran.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sultra telah mengusulkan ke Kemendagri agar pelantikan kepala daerah hasil Pilkada di Sultra tidak dilantik secara virtual, mengingat potensi kendala teknis jaringan internet dan listrik di Kabupaten Konkep dan Butur. Usulan itu telah disetujui Mendagri dengan ketentuan pelantikan kepala daerah mesti mematuhi prokes pencegahan penyebaran Covid-19. (rah/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top