Metro Kendari

Dinsos Kendari Usul Bantu 1.100 KK

16 Ribu Keluarga Prasejahtera Belum Tersentuh Bantuan

KENDARINEWS.COM — Angka keluarga prasejahtera di Kota Kendari cukup tinggi. Berdasarkan data Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kendari, jumlahnya mencapai 29.789 kepala keluarga (KK). Ironisnya, sebagian besar warga belum menerima bantuan dari pemerintah. Hanya 12.900 KK (38,12 persen) yang beruntung mendapatkan bantuan. Sisanya sekira 16.889 KK harus gigit jari. Tahun ini, Dinsos mengajukan 1.100 KK untuk terima bantuan Kementerian Sosial (Kemensos)

Abdul Rauf

Kepala Dinsos Kendari, Abdul Rauf tak menampik jika masih banyak warga kurang mampu yang mendapatkan bantuan. Hal tersebut dikarenakan kemampuan pemerintah yang juga terbatas. “Data yang diajukan juga tidak serta merta diakomodir oleh pemerintah pusat. Melainkan sebelumnya dilakukan verifikasi serta menimbang kemampuan pemerintah,” kata Abdul Rauf, kemarin.

Kendati demikian, pihaknya tetap mengupayakan agar seluruh KK prasejahtera mendapatkan bantuan dari pemerintah. “Kami mengupayakan agar seluruh masyarakat kita yang tidak mampu itu meneriman bantuan. Baik berupa bantuan PKH (Program Keluarga Harapan), BSP (Bantuan Sosial Pangan), maupun banruan lainnya,” kata Abdul Rauf.

Pada kesempatan yang sama, Kabid Fakir Miskin Dinsos Kendari, Hendra Jaya mengatakan, salah satu upaya untuk mengakomodir KK Prasejahtera mendapat bantuan yakni dengan melakukan perluasan (pendataan) kepada masyarakat yang kurang mampu dibantu oleh Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK).

Menurut Hendra, upaya itu cukup ampuh membantu pihaknya dalam mengakomodir masyarakat prasejahtera, buktinya tahun ini terdapat sekira 1.100 KK yang telah diusul ke Kemensos untuk mendapatkan bantuan. “Kami berharap semua seluruh fakir miskin yang ada di Kota Kendari bisa mendapatkan bantuan. Kami akan upayakan itu,” pungkasnya. (b/ags)

Data Keluarga Prasejahtera
Jumlah 29.789 KK
Terima Bantuan 12.900 KK (38,12 Persen)
Belum Tersentuh Bantuan 16.889 KK
Tahun 2021, 1.100 KK Diusul Kemensos

KK yang Belum Terakomodir Jadi Prioritas
-Program Keluarga Harapan (PKH)
-Bantuan Sosial Pangan (BSP)
-Program Bantuan Lainnya

Sumber Data : Dinsos Kota Kendari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top