Metro Kendari

Dinsos Kendari Pastikan KPM Segera Terima Bantuan

KENDARINEWS.COM — Sejumlah penerima Bantuan Sosial Pangan (BSP) di Kota Kendari dirundung gelisah. Saldo rekening bantuan yang tiap bulan diterima tiba-tiba menjadi nihil atau nol rupiah. Dari 12.900 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), sebanyak 1.900 KPM yang belum bisa menikmati bantuan dari pemerintah.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kendari, Abdul Rauf mengakui adanya saldo nol rupiah di rekening KPM. Salah satunya disebabkan ditemukannya penerima ganda dalam satu keluarga atau data kependudukan ganda.

Abdul Rauf

“Atas kejadian ini, kami langsung melakukan verifikasi dan validasi data. Itu sudah kami lakukan dan kami laporkan di Kementerian Sosial (Kemensos) agar ribuan KPM kembali mendapatkan haknya. Kepada bank penyalur juga kami sudah konsultasikan,” kata Abdul Rauf, kemarin.

Mantan Kabag Kesra ini meminta KPM tetap sabar. Jika kemensos telah melakukan perbaikan, bantuannya akan segera disalurkan ke rekening penerima. “Kami hanya bertugas melakukan verifikasi dan validasi data. Sepenuhnya adalah wewenang pemerintah pusat. Termasuk pembayaran BSP-nya,” kata Abdul Rauf.

Sebelumnya, Tungge, warga Puuwatu mengeluhkan saldo nol pada rekening pembayaran BSP milikinya. Dia mengaku kaget saat bertransaksi di e-Waroeng namun gagal. “Saat pergi ambil beras di warung, saya tidak dilayani. Kata penjual saldo rekening saya nihil. Lalu, saya lapor sama pendampingnya (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan/TKSK). Katanya pendampingan mau diperbaiki dulu,” keluhnya.

Sekedar informasi, BSP atau yang sebelumnya dikenal dengan BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) merupakan bantuan pemerintah untuk masyarakat prasejahtera. Bantuan yang diberikan berupa sembako beras dan telur dengan nominal Rp 200 ribu. Di Kendari tercatat sekira 12.900 KPM. Akan tetapi sebanyak 1.900 KPM mengalami saldo nol akibat data kependudukan ganda. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru


To Top