Metro Kendari

Dinkes Kendari Siapkan 7 Ribu Dosis, Vaksinasi Berlanjut Selama Ramadan

KENDARINEWS.COM — Vaksinasi covid-19 untuk kategori lanjut usia (lansia) akan tetap dilanjutkan selama bulan Ramadan. Apalagi Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa vaksinasi tidak membatalkan puasa. Di sisi lain, cakupan vaksinasi untuk lansia yang masih rendah. Untuk pelaksanaan vaksin, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari telah menyiapkan 7 ribu dosis. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, program vaksinasi tetap dilakukan di Ramadan kali ini karena telah mendapat persetujuan dan rekomendasi dari Kemenkes karena adanya fatwa MUI Nomor 13 Tahun 2021 yang menyatakan vaksinasi covid-19 tidak membatalkan puasa.

“Ini bentuk perlindungan diri khususnya bagi orang tua kita yang rentan terpapar covid-19 karena daya tahan tubuhnya yang sudah berkurang. Ini penting karena dalam agama juga sudah disebutkan melindungi diri dari wabah itu menjadi kewajiban dan akan bernilai pahala. Saya harapkan seluruh elemen berpartisipasi mensukseskan program vaksinasi ini,” kata Sulkarnain Kadir, dalam Rakor Percepatan Vaksinasi Lansia di Media Center Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Kendari.

Kepala Dinkes Kendari, drg Rahminingrum mengaku telah menyiapkan sekira 7 ribu dosis vaksin merk sinovac khusus lansia. Pemberian ribuan dosis vaksin tersebut diharapkan bisa memproteksi separuh populasi lansia di Kota Kendari. Hingga 13 April, jumlah lansia yang telah menerima vaksin tercatat sebanyak 2.815 orang (15,11 persen) dari 18.634 orang yang menjadi sasaran vaksinasi. Cakupan vaksinasi Lansia kata dia, masih terbilang rendah, Untuk itulah, pihaknya mengimbau seluruh masyarakat yang memiliki lansia atau ada disekitar dilingkungannya untuk segera didaftarkan sebagai penerima vaksin. “Karena untuk gelombang pertama program vaksinasi covid-19 itu adalah lansia. Selain itu juga menyasar nakes (tenaga) kesehatan dan petugas publik,” kata Rahminingrum. (b/ags)

Vaksinasi Lansia di Kota Kendari
-Telah Divaksin 2.815 Lansia (15,11 Persen)
-Target Lansia 18.634 Orang
-Selama Ramadan Siapkan 7 Ribu Dosis

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top