Dinas Dukcapil Kendari Capai Target Nasional

KENDARINEWS.COM — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kendari dibawah nahkoda Iswanto Dongge sukses mencapai target nasional untuk pencetakkan Kartu Identitas Anak (KIA) dan Akta Kelahiran.

Selama 2021, Dinas Dukcapil berhasil mencetak sekira KIA sebanyak 33.738 keping (31 persen) dari target nasional sebesar 30 persen. Untuk Akta kelahiran instansi yang ditukangi Iswanto Dongge itu berhasil mencetak sekira 114.034 lembar akta kelahiran (104 persen) dari target 95 persen.

Kepala Dinas Dukcapil Kendari, Iswanto Dongge

Iswanto mengaku, capaian tersebut tak lepas dari kerja keras jajarannya dalam menjalankan berbagai program pencetakkan administrasi kependudukan (Adminduk). Adapun program yang dimaksud yakni kegiatan “Jebol” (Jemput Bola) diseluruh kelurahan, sekolah, perguruan tinggi hingga bekerjasama dengan fasilitas kesehatan melaui program Three in One.

“Khusus pencetakkan akte kelahiran, kami kerja sama dengan faskes baik itu rumah sakit pemerintah maupun swasta. Kami bahkan ada inovasi Three in One. Maksudnya melalui program ini, bayi lahir langsung diberikan tiga layanan yaitiu akta kelahiran, Kartu Keluarga, dan KIA,” ungkap Iswanto, Jumat (31/12/2021).

Mantan Irban Inspektorat Kendari ini optimis, kedepan pihaknya bakal mengoptimalkan pelayanan adminduk kepada masyarakat melalui Aplikasi Jaga Kendari (Jari). Upaya itu dilakukan agar bisa mencapai target nasional pada layanan lainnya seperti perekaman E-KTP.

Terpisah, Heril, salah satu warga metro yang ditemui Kendari Pos ketika hendak beberusan di Dinas Dukcapil Kendari mengaku puas dengan layanan yang diberikan. Menurutnya, layananan adminduk oleh Dukcapil Kendari sangat baik, cepat tanpa antri.

“Cepat sekali saya dilayani. Soalnya sudah disampaikan pakai Aplikasi Jari. Jadi kami tidak perlu datang antri. Pas kami datang langsung dilayanai. Pelayanan tidak sampai 10 menit. Terima kasih Dukcapil Kendari,” kata Heril. (ags)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.