Metro Kendari

Dilengkapi RTH, Balai Kota Digagas Jadi Area Publik

KENDARINEWS.COM — Selain menjadi pusat pelayanan masyarakat, Balai Kota Kendari juga difungsikan sebagai area publik. Pemkot bakal menyiapkan beberapa fasilitas penunjang yang bisa dinikmati masyarakat yang tengah berurusan di pemerintahan maupun yang hanya sekedar berjalan-jalan.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menyebutkan, fasilitas penunjang yang dimaksud yakni pengadaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di sekitar Balai Kota. RTH yang akan disiapkan seluas tiga hektar. RTH bisa dimanfaatkan masyarakat untuk bersantai (Refresing), berolahraga, dan aktifitas lainnya.

“Penyediaan ruang terbuka hijau merupakan syarat yang harus dipenuhi pemerintah dalam membangun Balai Kota. Dalam setiap proyek ada syarat KDH (Koefisien Daerah Hijau) minimal 40 persen dari luas lahan. Kita tahu luas lahan Balai Kota mencapi 6 hektar. Jadi RTH minimumnya sekitar 2 hektar. Tapi kita siapkan 3 hektar atau sekira 60 persen. Jadi memenuhi syarat,” ungkap Sulkarnain Kadir.

Pada sisi lain, Sulkarnain memastikan masyarakat yang berurusan di Balai Kota Kendari akan merasa nyaman dengan beberapa fasilitas yang bakal disiapkan. Seperti disiapkan Fasad Secondari Skin yang yang terbuat dari besi dan CNC yang berfungsi melindungi pengunjung baik dari paparan sinar matahari maupun air hujan. Selain itu, pada selasar sisi bangunan terdapat pedistrian yang lebar dan teduh menuju mall pelayanan.

“Mudah-mudahan komitmen kami menghadirkan Balai Kota Kendari bisa memberikan manfaat bagi masyarakat. Bisa melayani masyarakat yang datang berurusan. Karena sudah kodratnya pemerintah memberikan pelayanan. Olehnya itu saya berharap masyarakat mendukung penuh pembangunan Balai Kota Kendari,” kata Sulkarnain Kadir. (b/ags)

Pembangunan Balai Kota
Status Proyek Multiyears
Masa Pengerjaan 2019-2022
Total Anggaran Rp 250 Miliar
Luas Lahan 6,3 Hektar
Luas Bangunan 37.679 Meter Persegi

2019 (Tuntas)
-Gedung Utama
-Anggaran Rp 57 Miliar
2020 (Tunda)
-Dananya Dialihkan Penanganan Covid
2021
-Gedung dan Interior
-Anggaran Rp 80 Miliar
2022
-Menara Balai Kota
-Anggaran Rp 133 Miliar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top