HEADLINE NEWS

Dilantik Oleh Menteri Nadiem Makarim, Prof Zamrun Resmi Pimpin UHO Periode Kedua

KENDARINEWS.COM — Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc resmi memimpin  Universitas Halu Oleo (UHO) periode 2021-2025 yang ditandai dengan pengambilan sumpah rektor UHO terpilih, Jumat (2/7/2021).

Prof. Dr. Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc saat dilantik Mendikbudristek, Nadiem Makarim secara virtual, Jumat (2/7/2021). (YULI/KENDARINES.COM)

Pelantikan dilakukan di ruang rapat senat UHO oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim secara virtual. Kegiatan ini dirangkaikan dengan pengambilan sumpah Rektor Institut Teknologi Semarang (ITS), Direktur Politeknik Negeri Fak-Fak, serta sejumlah pejabat di lingkungan Kemendikbudristek. 

“Saya percaya saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan,” ujar Nadiem.

Ia juga berpesan kepada para pemimpin perguruan tinggi yang baru dilantik agar turut mewujudkan kemerdekaan belajar, mengembangkan kreativitas dan lebih adaptif dalam menyelenggarakan kegiatan akademik terutama di masa pandemi saat ini.

“Bagi pemimpin perguruan tinggi, diharapkan terus mengembangkan perguruan tinggi dan memacu kreativitas guna membawa Indonesia semakin maju di panggung global,” pungkasnya.

Sementara itu, Rektor UHO Prof Zamrun mengatakan bahwa dirinya siap mengemban amanah yang diberikan. Peta program yang yang akan dilaksanakan dirumuskan dalam rencana strategis 2020-2025 yang sebelumnya telah dipaparkan dalam penyampaian visi dan misi pilrek. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka akan menjadi salah satu prioritas. 

“Kita punya renstra dan ini tinggal dilanjutkan. Sekitar 90 persen yang saya paparkan dalam visi misi (pilrek) ada di dalam renstra. Dan yang paling penting, seperti yang disampaikan Mas Menteri yaitu bagaimana mewujudkan merdeka belajar kampus merdeka,” tuturnya. 

Prof Zamrun memenangkan Pemilihan Rektor (Pilrek) periode 2021-2025. Dalam pemungutan suara yang diselenggarakan pada 16 Juni 2021, Prof Zamrun sebagai petahana berhasil mengantongi 121 suara. Sementara dua penantangnya yakni Prof. Buyung Sarita, S.E., M.S., Ph.D mengantongi 26 suara, dan Dr. Eng Jamhir Safani, S.Si., M.Si, 21 suara. (uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top