Metro Kendari

Dilaksanakan 19 April, Ujian SD 6.223 Murid di Kota Kendari Tatap Muka

KENDARINEWS.COM –Ujian Sekolah (US) tingkat SD akan dilaksanakan tanggal 19 April mendatang. Rencananya, US akan dilaksanakan secara tatap muka. Upaya ini untuk memastikan kemampuan siswa dan objektifitas hasil ujian. Pasalnya, US merupakan penentu kelulusan selain akumulasi nilai rapor. Atas dasar itu, Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari mulai mempersiapkan sarana dan prasarana protokol kesehatan (Prokes).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengungkapkan pelaksanaan US tatap muka terpaksa harus ditempuh karena sudah menjadi arahan Mendikbud sebagai salah satu syarat menentukan kelulusan siswa. Kendati demikian, kelulusan siswa sebenarnya ditentukan masing-masing sekolah. “Tentu keselamatan dan kesehatan siswa tetap menjadi prioritas kita. Penerapan prokes yang sangat ketat kita terapkan. Mudah-mudahan bisa berjalan lancar tanpa kendala, sehingga kita juga bisa menghasilkan generasi yang bisa berkompetisi, generasi yang kuat, cerdas dan siap menghadapi tantang,” harapnya.

Terpisah, Kepala Dikmudora Kendari, Makmur mengungkapkan, pelaksanaan US tingkat SD bakal dilaksanakan pada tanggal 19-23 April. Di mana perlakuannya akan sama seperti Sekolah Menengah Pertama (SMP) sesuai rekomendasi yg dikeluarkan Wali Kota Kendari nomor 420/944/2021 tertanggal 30 Maret 2021. “Nanti ujiannya diikuti sekitar 6.223 peserta dari 166 SD se-Kota Kendari. Dalam pelaksanaannya juga akan melibatkan Tim Satgas Covid-19, kepolisian, dan petugas dari puskesmas terdekat,” ungkap Makmur.

Adapun prokes pencegahan covid-19 yang dimaksud lanjut dia, peserta diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan sebelum ujian dan adanya pengaturan jarak antar peserta ujian. Selain itu, prokes lainnya yang diatur dalam ketentuan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yakni terkait peraturan datang dan keluarnya murid. Seperti pengukuran suhu tubuh yang akan dilakukan oleh petugas sekolah yang didampingi petugas puskesmas.

“Kemudian, nanti siswa yang masuk dalam kelas itu hanya 10 sampai maksimal 17 orang. Kemudian juga, tidak ada istirahat diluar, mereka hanya didalam ruangan. Setelah itu, pelajaran kedua mereka masuk lagi dan pulang,” bebernya. Ia pun berharap pelaksanaan US tatap muka bisa berjalan dengan baik dan lancar. Mengingat saat ini, para petugas pendidikan masih dalam vaksinasi Cvid-19, “Alhamdulillah guru-guru masih sementara divaksin, jadi ya semoga pelaksanaanya bisa berjalan tanpa kendala. Yang utama prokes jangan diabaikan,” kata Makmur. (b/ags)

Ujian Sekolah Tingkat SD
Jadwal 19-23 April
Diikuti 6.233 Peserta
Jumlah Sekolah, 166 SD
Gunakan Sistem Tatap Muka

Protokol Pelaksanaan US
-Wajib Gunakan Masker
-Siapkan Wadah Cuci Tangan
-Aturan Jarak Peserta Ujian
-Ukur Suhu Tubuh

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top