Metro Kendari

Dikbud Sultra Dorong SMK Berpredikat CoE


KENDARINEWS.COM — Sektor pendidikan menjadi salah satu program prioritas duet Ali Mazi-Lukman Abunawas (AMAN). Keberpihakan itu terlihat dalam porsi APBD. Melalui program Sultra Cerdas, Pemprov Sultra tak henti melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM. Termasuk menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Sultra memperoleh predikat center of exelent (CoE) atau sekolah unggulan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, Asrun Lio mengatakan sarana pendidikan harus benar-benar mampu melahirkan generasi yang unggul. Untuk itulah, pihaknya mendorong satuan pendidikan menerapkan sistem sekolah penggerak. Sebab sekolah penggerak atau sekolah sebagai pusat unggulan dituntut bisa memacu peningkatan kualitas dari sekolah hingga bisa menjadi lebih baik kedepanya.

“Predikat CoE ini diperuntukkan bagi SMK. Jadi, kepala sekolah dan jajarannya harus kreatif. Bagaimana mengoptimalisasi jurusan yang ada. Mana potensi jadi unggul, itu yang diprioritaskan. Kita patut bersyukur dari 164 sekolah di Sultra ada dua yang mendapatkan program ini, yakni SMK 1 Kolaka dan SMK 1 Baula,” kata Asrun kemarin.

Semua elemen sambungnya, bergerak cepat sehingga bisa menghasilkan dua project secara nasional. “Tentu semua ini patut kita syukuri sebab CoE itu artinya pusat keunggulan. Walaupun baru dua tetapi ini sebagai motor penggerak bagi sekolah-sekolah lainnya,” ujarnya.

Kesiapan sekolah kata dia, akan menjadi bahan evaluasi kinerja jabatan Kepala Sekolah (Kasek). Untuk itulah, ia mengajak Kasek berpacu menjadikan sekolah penggerak. “Kalau kinerja baik, selama empat tahun posisi kasek tidak akan diganti. Dan ini komitmen kita di Pemda,” ujarnya.

Di sisi lain, gubernur bersedia memberikan dana sharing bagi sekolah sekolah penggerak. “Kita akan berikan bantuan lebih besar. Di mana awal kita berikan APBD sebagai stimulus dana sharing untuk memancing dana dari pusat. Ini merupakan komitmen bapak gubernur pada launcing sekolah penggerak awal Februari lalu, ” bebernya. (b/rah)

Program Sekolah Berpredikat CoE

  1. Kebagian Dana Sharing Pemprov dan Pusat
  2. Bahan Penilaian Kinerja Kasek
  3. Dikhusukan 164 SMK di Sultra
  4. Dua SMK Masuk Program Sekolah Unggulan
    -SMKN 1 Kolaka
    -SMK 1 Baula
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top