Konawe Utara

Dikbud Konut Fokus Akreditasi 22 Sekolah

KENDARINEWS.COM — Saat ini, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konawe Utara (Konut) fokuskan melakukan akreditasi pada 22 lembaga sekolah. Rinciannya, ada 17 Sekolah Dasar (SD) dan lima Sekolah Menengah Pertama (SMP). Rencana akreditasi ke 22 sekolah tersebut akan dilangsungkan pada Mei 2021 mendatang. Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian pada Dikbud Konut, Hartawan, menuturkan masih terdapat puluhan sekolah akan diakreditasi dari ratusan lebih lembaga pendidikan yang belum mendapatkan status tersebut. Pihak Dikbud berupaya menuntaskan agar sekolah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN).

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian pada Dikbud Konut, Hartawan

“Sekarang dalam proses pendampingan. Ada beberapa indikator penilaian akreditasi. Diantaranya, syarat kualifikasi tenaga pengajar minimal strata satu (S1) dan diakumulasi dengan syarat lainnya. Tentunya dilengkapi dengan dokumen pendukung. Banyaklah syarat-syarat akreditasi sekolah yang harus dipenuhi,” ujar Hartawan, Selasa (27/4). Pelaksana Kepala SDN 6 Asera itu menjelaskan, untuk melaksanakan akreditasi sekolah, sejumlah dokumen pendukung administrasi dipersiapkan agar dapat mendapatkan pengakuan dari badan yang berkompeten.

Terdapat beberapa poin yang menjadi ruang lingkup standar nasional pendidikan (SNP). Diantaranya standar isi, proses, kompetensi kelulusan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan hingga standar penilaian pendidikan. “Kegiatan akreditasi merupakan salah satu upaya untuk menjamin dan mengendalikan kualitas pendidikan. Tentunya sekolah yang menjadi sasaran akreditasi harus memenuhi persyaratan yang ditentukan BAN agar dapat divisitasi atau kegiatan verifikasi, validasi dan klarifikasi data dan informasi sekolah,” pungkas Hartawan. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top