Buton

Diberi Gelar La Ode, Pangdam Andi Sumangerukka Resmi Jadi “Orang Buton”

KENDARINEWS.COM — Panglima Komando Daerah Militer XIV/Hasanuddin, Mayjend TNI Andi Sumangerukka, tampil gagah perkasa mengenakan pakaian kebesaran Kesultanan Buton Kamis (24/12) pagi. Di hadapan para petinggi adat dan perangkat agama di Masjid Keraton Buton, Andi Sumangerukka dianugerahi Gelar Kehormatan La Ode di depan namanya.

Perwira dua bintang itu, memperoleh gelar La Ode Lakina Umane Lipu dari Perangkat Adat Kesultanan Buton dengan panggilan La Ode Sumangerukka. Penyematan gelar tersebut berlangsung di Baruga Keraton Buton Kota Baubau. Kehadirannya disambut dengan tarian adat khas Kesultanan Buton.

Dalam sambutannya, La Ode Sumangerukka, menyampaikan rasa terima kasih atas penganugerahan itu. Itu menegaskan bahwa masyarakat Buton saat ini telah menjadi keluarga besarnya. “Akhirnya saya bisa kembali di rumah kedua dimana leluhur saya merasa aman dan terlindungi. Oleh karena itu saya sangat berbahagia,” ungkapnya.

Dia berkomitmen menjunjung tinggi makna dari filosofi gelar La Ode itu. “Saat ini di Buton nama saya menjadi La Ode Sumangerukka, ini membuat saya terharu,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Adat sekaligus Sultan Buton ke 40, H La Ode Muh Izat Manaarfa menyambut baik kehadiran jajaran Pangdam tersebut. Menurut dia orang yang menyandang gelar La Ode tidak mesti lahir di tanah Buton. “Meski kita berbeda kita bersaudara,” katanya. (lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top