Buton

Desember Ada Libur Panjang, OPD Didesak Maksimalkan Serapan Anggaran

KENDARINEWS.COM — Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Buton mengingatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) untuk memanfaatkan waktu jelang akhir tahun ini. Pasalnya, pelayanan pencairan anggaran kali ini lebih singkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, akhir tahun nanti akan berlaku cuti bersama sebagai pergeseran cuti lebaran lalu.

Kepala BPKAD Kabupaten Buton, Sunardin Dani, mengatakan, tanggal 23 Desember kemungkinan akan menjadi hari terakhir untuk realisasi anggaran. “Kalau tidak salah itu ada libur panjang. Yang jelas tidak sampai 31 Desember,” katanya, Senin (9/11). Itu berarti, masa kerja tinggal beberapa minggu lalu. Anggaran harus diserap lebih cepat. Utamanya pada OPD yang anggarannya besar seperti PU, Diknas dan Dinkes. “Waktu tinggal kurang lebih satu bulan lagi. Jadi harus cepat. Saat ini masih posisi 60 atau 70 persen ke atas,” sambungnya.

Masih kata dia, selain sibuk dengan pencairan, realisasi kegiatan hingga pelaporan akhir tahun, OPD juga harus membagi fokus dengan perencanaan kegiatan APBD 2021. “Itu juga harus selesai bulan ini. Jadi memang kita kerja keras betul,” terangnya. Untuk APBD 2021, Sunardin memprediksi angkanya masih sama dengan tahun ini yakni kurang lebih Rp 1 triliun. Jika tak ada aral melintang dalam satu dua pekan ke depan draf rancangan APBD itu sudah akan dibahas bersama pihak DPRD Buton. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top