Metro Kendari

Dekranasda Kendari Kampanyekan Gernas BBI

KENDARIPOS.CO.ID — Produk Industri Kecil Menengah (IKM) lokal di Kota Kendari tak kalah dengan daerah lain. Bukan hanya soal kualitas, namun juga keunikan. Hanya saja, minimnya promosi sehingga membuat produk lokal ini kurang dilirik. Di sisi lain, masih banyak warga yang beranggapan produk luar lebih berkualitas. Padahal anggapan tersebut keliru. Untuk lebih mengenalkan produk lokal, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Kendari, Sri Lestari menyambut positif Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang dicangkan pemerintah. Apalagi program ini turut mengedukasi pelaku IKM mengenai pemasaran melalui aplikasi digital.

“Saya mengajak seluruh pihak mengkampanyekan Gernas BBI. Program ini membuat kita sadar, cinta dan bangga terhadap produk-produk lokal. Sebab hal ini bisa meningkatkan pendapatan pengrajin lokal terutama di masa pandemi covid-19,” kata Sri Lestari dalam sosialisasi digital Payment QRIS dan digital marketing melalui E-Commerce via Zoom Meeting.

Program ini sambungnya, perlu disupport. Pasalnya, gerakan ini bertujuan mengakselerasi transformasi digital dan bergabungnya UMKM dalam platform transaksi digital. “Dekranasda bertekad untuk terus mempromosikan produk lokal di ajang pameran baik tingkat provinsi hingga pameran tingkat nasional. Pasar sangat menentukan. Apalagi dalam situasi pandemi. Pelaku UMKM dan IKM harus mengenal penjualan daring. Saya juga meminta IKM untuk memanfaatkan fasilitas yang sudah disiapkan Pemkot melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian ,” katanya.

Pelaku usaha kata istri Wali Kota Kendari, harus memanfaatkan peluang yang mampu mengembangkan dan memperluas wilayah pemasaran produknya. Hal ini juga tidak boleh dilewatkan oleh UMKM tenun dan pengrajin di Sultra khususnya Kota Kendari. “Harapan kita, mereka bisa ter-link di BI dan Shopee sehingga pendapatan bisa meningkat, paling tidak kreativitas bisa diketahui oleh seluruh masyarakat bahkan kalau perlu sampai di mancanegara,” pungkasnya. (b/m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top