Politik

Debat Pilkada Muna Digelar Hari Ini

KENDARINEWS.COM — Dua pasangan calon di Pilkada Muna tahun 2020 akan menjalani debat kandidat hari ini (Kamis, red) di aula Galampano, komplek rumah jabatan Bupati Muna. Adalah LM. Rusman Emba – Bachrun dan LM. Rajiun – La Pili yang akan beradu visi misi dan program kerja di panggung debat selama 90 menit. Tahap ini diharapkan menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk mengenal lebih jauh kemampuan masing-masing kandidat dalam merumuskan pembangunan daerah.

Kubais

Ketua KPU Muna, Kubais, menerangkan setiap kandidat akan membahas sejumlah isu strategis daerah maupun kebangsaan. Adapun beberapa tema dalam debat tersebut meliputi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, strategi memajukan daerah, meningkatkan pelayanan publik, sinkronisasi pelaksanaan pembangunan daerah kabupaten, provinsi dan nasional serta memperkokoh NKRI. “Termasuk sesi penyampaian visi dan misi pasangan calon,” jelasnya.

Koordinator Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Muna, Nggasri Faeda menerangkan, secara teknis debat akan dibagi ke dalam enam sesi. Debat akan berlangsung dengan durasi 120 menit, namun 30 menit di antaranya merupakan waktu yang disediakan untuk iklan layanan masyarakat. Sesi debat sendiri antara lain penyampaian visi misi, pendalaman program, tanya jawab dan saling sangggah. “Debat akan dipandu moderator profesional dan tentunya juga netral,” jelasnya.

Pelaksanaan debat tersebut akan mematuhi protokol Covid-19. Sesuai pedoman teknis nomor 465 dalam PKPU, peserta debat dibatasi maksimal 19 orang. Terdiri dari empat orang tim setiap paslon, dua paslon, lima komisioner KPU dan dua komisioner Bawaslu. Meski demikian, KPU tetap menyediakan ruang bagi masyarakat yang ingin mengikuti jalannya debat. Caranya bisa dengan menyaksikannya melalui televisi dengan siaran tunda, live streaming youtube dan laman Facebook (FB) resmi KPU Muna.

“Karena ini acara penting bagi pemilih, kami siapkan sarana melalui media sosial. Makanya tidak perlu hadir langsung di lokasi acara. Paslon diharapkan tidak membawa pendukungnya,” jelasnya. Debat tersebut akan dimulai pukul 10.00 Wita. KPU berharap debat berlangsung edukatif dan efektif bagi sosialisasi program masing-masing pasangan calon. (ode/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top