Wakatobi

DAU Rp 9 Miliar Pemkab Wakatobi untuk Bangun Jalan Antarkampung

KENDARINEWS.COM — Selain program hibah jalan daerah (PHJD), pada tahun 2021 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi, mendapat jatah anggaran untuk pembangunan poros antarkampung di Pulau Tomia. Budget melalui dana alokasi umum (DAU) tersebut mencapai Rp 9 miliar untuk membangun jalan hingga lima kilometer. Targetnya akan diselesaikan tahun ini juga.

Jika tahapan PHJD sudah dimulai, maka proyek DAU baru akan mulai disosialisasikan oleh pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Wakatobi pada masyarakat. Namun untuk sementara waktu, instansi teknis tersebut masih fokus pada tahapan pembanguan fisik PHJD yang direncakan dikerjakan Maret ini. “Setiap kali ada kegiatan, apalagi pembanguan jalan, kami pasti turun sosialisasi. Karena kita khawatirkan jangan sampai pada saat pekerjaan fisik dan sudah dimulai, tiba-tiba ada kendala,” ujar Kepala Dinas PUPR Wakatobi, Kamarudin.

Pekerjaan jalan poros antarkampung tersebut akan menggunakan aspal hotmix. Apalagi di Tomia telah dibangun asphalt mix plant (AMP) sebagai salah satu kelengkapan dan syarat PHJD. “Kami berharap, pembangunan jalan dari DAU ini bisa diterima dengan baik oleh masyarakat sekitar. Jika berjalan lancar maka pembanguan jalan hotmix di Tomia akan semakin bertambah. Pasalnya, melalui PHJD, ada sepanjang 16,3 kilometer yang siap dibangun tahun ini juga. Sementara melalui DAU sekitar lima kilometer,” pungkas Kamarudin. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top