Kesehatan

Dapatkan 6 Manfaatnya Ikan Sarden untuk Kesehatan Tubuh

KENDARINEWS.COM– IKAN sarden telah ada selama berabad-abad. Meskipun ikan sarden bisa dinikmati segar, mereka sangat mudah rusak. Inilah sebabnya mengapa ikan sarden paling sering ditemukan kalengan. Ikan sarden ini dikemas dengan nutrisi yang bermanfaat dalam pencegahan sejumlah kondisi kesehatan.

Beberapa nutrisi ini diketahui bisa membantu mencegah penyakit jantung atau melindungi dari kanker tertentu. Sarden kadang-kadang direkomendasikan untuk wanita hamil dan orang dewasa yang lebih tua. Mereka mengandung kalsium dan nutrisi penting lainnya. Berikut ini penjelasannya,:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Protein pada sarden membantu menciptakan antibodi yang menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Protein juga menyebarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Ikan sarden juga kaya akan selenium. Senyawa ini dikenal mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab, kekurangan selenium bisa menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang buruk hingga penyakit kronis.

2. Kaya vitamin

Sarden mengandung riboflavin, niasin, vitamin B-12 dan vitamin D. Riboflavin bisa membantu mencegah katarak dan migrain. Sedangkan niasin bisa menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan mengatasi gejala radang sendi. Vitamin B-12 dalam jumlah yang cukup bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Sementara vitamin D mengurangi potensi terkena artritis atau kanker.

3. Mengurangi penggumpalan darah

Ikan sarden mengandung omega-3 yang baik untuk jantung. Hal ini dikarenakan sarden bisa membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah, sehingga mencegah stroke dan aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan kondisi kerusakan pada dinding arteri yang membuat pendarahan dan pembekuan darah yang berbahaya.

4. Mencegah penyakit jantung

Sarden memiliki asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi. Asam lemak omega-3 seperti EPA dan DHA yang memecah kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah penyakit jantung. Asam lemak omega-3 juga dikenal untuk memecah plak arteri yang membantu mengontrol tekanan darah. Vitamin B-12 pada sarden juga mendukung sistem kardiovaskular yang menyehatkan jantung.

5. Sehatkan tulang

Ikan sarden adalah sumber kalsium yang sangat baik. Ini menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang alergi dengan susu, atau membutuhkan lebih banyak kalsium dalam makanan. Kalsium sangat penting karena 99 persen kalsium tubuh disimpan di tulang dan gigi. Selain itu, sarden juga kaya akan fosfor yang membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

6. Stabilkan gula darah

Lemak dan protein dalam sarden bisa membantu mengatur gula dalam tubuh. Mengonsumsi sarden dengan makanan yang kaya akan karbohidrat bisa memperlambat pelepasan gula dalam darah. Mengonsumsi protein sarden memiliki efek menguntungkan pada sindrom metabolik yang diinduksi fruktosa pada variabel.

Seperti hiperglikemia, resistensi insulin, hiperlipidemia, dan status oksidatif serta inflamasi.(genpi/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top