Kolaka Timur

Dana Penanganan Covid-19 Kolaka TimurTersisa Rp 6 Miliar

KENDARINEWS.COM — Anggaran dana penanganan Covid-19 di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) pada tahun 2020 lalu dialokasikan hingga Rp 15,3 miliar. Dalam perjalanannya, Tim Gugus Tugas Penanggulangan dan Pencegahan hanya dapat menggunakan sekitar Rp 9,3 miliar. Sehingga saat ini dana yang tersisa masih sebesar Rp 6 miliar. Sekretaris Gugus Tugas Covid-19 Koltim, Lasky Paemba, menyampaikan, dana yang masuk menjadi sisa lebih perhitungan anggaran (Silpa) tersebut masih berada di Kas daerah Pemkab Koltim. “Bukan di bendahara Gugus Tugas. Dari tiga bidang yakni penanganan kesehatan, ekonomi dan sosial menghabiskan anggaran Rp 9 miliar lebih,” katanya, Selasa (23/2).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Koltim tersebut merinci, untuk bidang kesehatan yang dialokasikan Rp 5,5 miliar hanya terealisasi Rp 1,9 miliar. Bidang ekonomi total Rp 7,2 miliar yang dicairkan sebesar Rp 5,0 miliar. Sedangkan untuk bidang sosial dari Rp 2,5 miliar dapat diserap hingga Rp 2,3 miliar.

“Tim Gugus Tugas sangat berhati-hati menggunakan dana Covid-19 itu. Makanya tahun ini masih ada Silpa sekitar Rp 6 miliar lebih. Setiap bulan kami laporkan secara terperinci penggunaan keuangannya. Apalagi pengelolaan dana bencana itu dipantau oleh KPK, BPK dan Inspektorat,” kata Lasky Paemba.

Mantan Plt Kadis Hortikultura Koltim itu mengaku, dana itu dibelanjakan untuk pengadaan alat kesehatan dan bahan medis lainnya. Sedangkan untuk bidang ekonomi dilakukan pengadaan bibit sorgum, pupuk, Sembako dan lainnya. Pada bidang sosial, untuk pembayaran bantuan stimulan tunai dan lainnya. BST Rp 1,8 miliar dan Sembako tahap satu Rp 2 miliar lebih, tahap dua sembako Rp 1,09 miliar. “Kalau belanja medis habis pakai sebesar Rp 940,4 juta,” rincinya. (b/kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top