Metro Kendari

Dana Operasional Bansos Belum Maksimal

KENDARINEWS.COM — Tahun ini, Pemkot Kendari kebagian program bantuan sosial (Bansos) dari pemerintah pusat. Jumlahnya sekitar Rp 80 miliar. Rinciannya, Program keluarga Harapan (PKH) Rp 36,6 miliar, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Rp 35 miliar dan Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp 8,4 miliar.

Namun anggaran digelontorkan berbanding terbalik dengan penyiapan dana sharing (operasional) program dari Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Tahun ini, dana sharing yang dialokasikan hanya berkisar Rp 200 juta.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kendari, Abdul Rauf berharap anggaran sosial masyarakat ditambah. Dinsos sebagai pelaksana teknis di lapangan yang bertugas menghimpun dan mengupdate data penerima manfaatkan sangat membutuhkan support beruapa biaya operasional.

“Kalau merujuk aturan minimal Rp 4 miliar atau 5 persen dari bantuan sesuai Peraturan Menteri Sosial (Permensos) nomor 1 tahun 2018 tentang pendanaan program bansos. Kami minta TPAD bisa menambah anggarannya,” kata Abdul Rauf.

Selain sudah diatur dalam Permensos lanjutnya, kebijakan ini tertuang dalam keputusan bersama tiga menteri (Keputusan Menkeu nomor 360.1/KMK.07/2020, Mensos nomor 1 tahun 2020 dan Mendagri nomor 460-1750 Tahun 2020) tentang dukungan percepatan pemutakhiran data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) pemerintah kabupaten dan kota.

“Salah satu poinnya mengatur pemda untuk mendukung penuh proses pemutakhiran DTKS dalam rangka mensukseskan penyaluran bansos. Ini penting dilakukan untuk menghindari pengenaan sanksi penyaluran dana transfer umum daerah,” kata Abdul Rauf.

Pemenuhan dana sharing penting dalam mendukung operasional petugas di lapangan. Mulai dari pendamping PKH, BPNT, relawan sosial Tagana (Taruna Siaga Bencana) dan relawan Puskesos (Pusat Kesejahteraan Sosial) yang tersebar di kota Kendari termasuk perawatan kendaraan pengangkut logistik bantuan dari Kemensos. “Saat ini, kami sudah diberi fasilitas empat kendaraan operasional dari pusat,” kata Abdul Rauf. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top