Metro Kendari

Dana Hibah Pariwisata Disalurkan, Rp 4,25 Miliar untuk 268 Hotel dan Restoran

KENDARINEWS.COM — Para pelaku usaha hotel dan restoran di Kota Kendari kini bisa tersenyum semringah. Bantuan dana hibah pariwisata yang telah lama dinanti-nanti akhirnya bisa disalurkan, Senin (14/12). Dari hasil verifikasi, sebanyak 268 pelaku usaha di Kota Lulo keciprat bantuan dari Kementerian Periwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir mengatakan bantuan ini merupakan dana kompensasi bagi pelaku usaha hotel, restoran, rumah makan dan penginapan yang terkena dampak penyebaran virus corona. Di Kota Kendari, total bantuan yang disalurkan sebesar Rp 4,25 miliar.

“Ini memang amanat dari Kementrian Pariwisata untuk mendorong teman-teman yang bergantung pada sektor pariwisata agar tidak terdampak terlalu parah atas pandemi yang melanda seluruh dunia. Harapannya, bantuan ini bisa bermanfaat karena langsung diserahkan kepada pengelola,” ujar Sulkarnain.

Dalam penyalurannya sambung politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, besaran nominal bantuan yang diterima para pelaku usaha berbeda. Tidak hanya melihat besaran usahanya, namun nilai bantuannya disesuaikan dengan ketaatan pelaku usaha dalam membayar pajak.
“Nanti indikator penerima salah satunya adalah ketaatan membayar pajak selama ini. Jadi yang paling taat membayar pajak, maka dia juga yang paling banyak dapat,” jelas Sulkarnain.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Kendari Abdul Rifai mengungkapkan, total bantuan sebesar Rp 4,2 miliar nantinya diporsikan sekira 70 persen atau sekitar Rp 2,9 miliar untuk hotel dan restoran. Sisanya sekitar 30 persen atau sekitar Rp1,2 miliar diporsikan untuk opersiaonal pemda dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP). Sekedar informasi, Pemkot menyerahkan bantuan hibah kepada 10 hotel perwakilan secara simbolis kemarin. Ke-10 penerima bantuan tersebut yaitu Zahra Syariah Hotel Kendari, Claro Kendari, Swiss-Belhotel, Plaza Inn, Horison, ZEN, SAME Boutique, Imperial, Zenith dan City Hotel Kendari. (b/ags)

Dana Hibah Kemenparekraf

  1. Total Bantuan Rp 4,25 Miliar
    -70 Persen atau Rp 2,9 Miliar untuk Hotel dan Restoran
    -30 Persen atau Rp 1,2 Miliar Diporsikan Opersional Pemda dan APIP
  2. Nominal Bantuan Tergantung Ketaatan Bayar Pajak
  3. 268 Pelaku Usaha Terima Bantuan

Syaratnya
Lunasi Pajak dan Retribusi Daerah
Miliki TDUP dan Terdaftar di OSS

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top