Olahraga

Dana Awal Perencanaan Porprov, Dispora Buton Minta Rp 3 Miliar

KENDARINEWS.COM — Semangat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan pekan olahraga provinsi (Porprov) terus terlihat. Meski belum mendapat restu resmi dari Pemprov Sulawesi tenggara (Sultra), Pemkab Buton sudah melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya perencanaan pembangunan beberapa venue pertandingan. Untuk porsi itu, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Buton butuh dana sedikitnya Rp 3 miliar.

Kepala Dispora Kabupaten Buton, Zainuddin Napa, mengatakan, pihaknya sudah melakukan perhitungan untuk pembangunan fasilitas olahraga di ibu kota kabupaten, Pasarwajo. “Sebelum bangunan fisik itu ada beberapa tahapan dulu. Persiapan lahan, lelang perencanaan dan lelang fisik. Sekarang kita perencanaan ini, kalau lahan sudah ada. Untuk perencanaan tadi saya hitung itu sekurang-kurangnya butuh Rp 3 miliar,” jelasnya, Rabu (2/9).

Mantan Kadis Pariwisata Buton ini menyebut ada tiga item penting yang harus segera diadakan Pemkab Buton untuk menuju Porprov itu. Mulai dari lapangan sepak bola, lapangan voly dan gelanggang olahraga (GOR). “Kita akan bangun lapangan bola di depan kantor DPRD, lapangn voly dan takraw di depan Polres. Kemudian untuk GOR itu di Takawa,” tambahnya.
Sementara untuk kebutuhan Porprov secara keseluruhan itu disebut mencapai Rp 300 miliar. Besarnya anggaran tersebut karena Buton belum memiliki fasilitas olahraga memadai. ” Makanya harus membangun dari nol. Kita butuh dukungan dari provinsi. Yang penting Pak Gubernur (Ali Mazi) dukung. Jalan Toronipa saja bisa dibangun tiga bulan, masa GOR tidak, pasti bisa,” yakin pejabat yang karib disapa Bang Udin itu.

Ia memastikan, meski nantinya Buton tak jadi dipilih sebagai tuan rumah Porprov, komitmen untuk tetap membangun sarana olahraga tetap akan diwujudkan. Sebab, itu merupakan fasilitas penting untuk pengembangan dunia olahraga daerah. “Lapangan itu penting, dan tetap akan kita bangun. Kita ini daerah besar tapi belum punya sarana milik pemerintah. Jadi itu komitmen saya, akan tetap dibangun,” janjinya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top