Konawe

Damkar Butuh Dua Armada Penyuplai Air

KENDARINEWS.COM — Penanganan musibah kebakaran yang terjadi di Konawe, belum sepenuhnya maksimal. Itu disebabkan karena kurangnya armada penunjang yang dimiliki Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Konawe. Armada dimaksud yakni kendaraan penyuplai air bagi mobil induk. Kepala Satpol PP dan Damkar Konawe, Herianto Wahab, mengakui keterbatasan armada yang dimiliki instansinya. Padahal untuk menunjang kinerja personelnya di lapangan, kendaraan operasional seperti mobil penyuplai air untuk mobil induk Damkar, mestinya disiagakan pada saat hendak menjinakkan kobaran api.

Herianto Wahab menyebut, kendaraan penyuplai air yang dimiliki instansinya saat ini sudah dalam keadaan rusak berat.
“Mobil induk Damkar yang baru sudah ada, tapi kita masih kekurangan armada lainnya. Kami masih butuh dua unit mobil penyuplai air,” ujarnya. Mantan Kabag Humas dan Protokoler Setkab Konawe itu menuturkan, untuk mengantisipasi kekurangan armada penunjang mobilitas personel Damkar tersebut, pihaknya mentaktisi dengan cara menggunakan mobil operasional secara ganda. Dalam artian, selain sebagai kendaraan induk, disaat yang sama mobil tersebut harus mondar-mandir mencari sumber air agar api dipastikan bisa padam.

“Tentunya hal itu tidak efektif dalam menghadapi kebakaran. Sehingga memang diperlukan penambahan mobil penyuplai air agar dampak kebakaran dapat diminimalisir. Dengan begitu, proses penanganan kebakaran dapat cepat teratasi,” keluh Herianto Wahab. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top