Konawe Utara

Cuaca Esktrem Mengintai Warga Konut

Rumah warga Desa Pekaroa Kecamatan Sawa Konut, yang terkena dampak angin puting beliung beberapa hari lalu

Kendarinews.com — Warga Konawe Utara (Konut) kini mulai waspada. Hujan yang disertai angin puting beliung telah menyasar wilayah Bumi Oheo. Makanya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konut terus memberikan peringatan agar warga terus waspada. “Di akhir bulan November ini dan ketika masuk awal Desember, cuaca ekstrem itu akan terjadi di Kabupaten Konawe Utara sesuai analisa BMKG. Cuaca ekstrem angin disertai dengan hujan,” ujar Kabid Kedaruratan BPBD Konut, Djasmiddin, Senin (23/11).

Kondisi Konut sekarang, kata Djasmiddin, berdasarkan BMKG intensitas hujan, berada pada 200 mm sampai 400 mm perjam. Jadi memang cukup tinggi untuk prediksi hingga tiga bulan kedepan.

Terkait dengan bencana angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Sawah beberapa hari lalu. sejak awal pihak BPBD sudah mengimbau seluruh masyarakat untuk berhati-hati. “Langkah-langkah yang dilakukan dengan melakukan edukasi langsung di masyarakat. Ini juga erat kaitannya dengan persoalan cuaca La Nina yang diprediksi bulan Januari 2021,” ujarnya.

Terkait peristiwa puting beliung yang melanda beberapa rumah warga di Kecamatan Sawa, BPBD telah menerima laporannya.
“Secara langsung untuk mengantisipasi atau melakukan perbaikan terhadap rumah yang terdampak angin puting beliung, tentu kita lakukan pendataan terlebih dahulu dengan melihat tingkat kerusakannya,” jelas Djasmiddin .Ia mengungkapkan BPDB juga berhati-hati melakukan peninjauan ke masyarakat. Pasalnya, Konut kini menghadapi momentum Pilkada. Jangan sampai ada anggapan negatif lantas dipolitisasi. “Padahal BPBD turun murni kemanusian tanpa ada tendensi apapun,” pungkasnya. (b/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top