Metro Kendari

Covid-19 Center Diresmikan, RSUD Kota Kendari Layani Pemeriksaan PCR

KENDARINEWS.COM — Pembangunan ruang isolasi pasien covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari telah rampung. Hari ini, Senin (30/11/2020) Wali Kota Kendari, H Sulkarnain Kadir dijadwalkan akan meresmikan gedung Covid-19 Center atau Infection Center (IC). Pembangunan gedung ini cukup cepat sebab hanya berlangsung empat bulan. “Alhamdulillah, pengerjaannya sudah selesai. Gedung IC ini tak hanya menangani pasein covid, namun juga penanganan penyakit infeksi,” kata dr Sukirman, Direktur RSUD Kota Kendari.

Dengan difungsikannya ruangan ini kata dia, RSUD Kota Kendari bisa melayani pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR). Selain itu, Unit Gawat Darurat (UGD) yang dilengkapi dengan ruang dekontaminasi siaga selama 24 jam penuh. Bukan hanya itu, masih ada fasilitas layanan lainnya seperti Laboratorium Biomolekuler, layanan Radiologi dengan mobile XRay dan ruang tindakan medis lainnya. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, pembangunan terbilang sangat cepat karena hanya memakan waktu sekira 4 bulan saja (Agustus – November). Hadirnya Covid-19 Center, setidaknya bisa mengurai jumlah pasien Covid-19 yang ada di rumah sakit rujukan.

“Setiap hari ada saja penambahan kasus baru dan pasien yang dirawat di rumah sakit. Sehingga hadirnya Covid-19 setidaknya bisa sedikit mengurai jumlah pasien yang dirawat di RS sekaligus sebagai pemisah antara pasien Covid-19 dan yang non Covid-19. Supaya mereka juga nyaman,” kata Sulkarnain. Selain sebagai pemisah pasien Covid-19 sambungnya, IC sudah dilengkapi dengan laboratorium PCR. Dia yakin hadirnya alat PCR akan semakin mempercepat proses penanganan Covid-19 di Kota Kendari. Pasalnya, jika ditemukan masyarakat yang terkonfirmasi positif, maka segera dilakukan perawatan, sementara bagi mereka yang dinyatakan negatif tentu disarankan untuk meningkatkan kewaspadaan dengan menjaga kestabilan imunitas tubuh. (b/ags)

Fasilitas IC RSUD Kota Kendari
-UGD 24 Jam Dilengkapi Ruang Dekontaminasi,
-Laboratorium Biomolekuler yang Layani Pemeriksaan PCR
-Radiologi Dilengkapi Mobile XRay
-Ruang Tindakan Medis
-Ruang Pemulasaran Jenazah,
-ICU Menampung 6 Bed
-Depo Farmasi
-40 Bed Ruang Perawatan
-Dilengkapi Oksigen Sentral, Exhaust Fan, Hepafilter dan Akses Wifi.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top