HEADLINE NEWS

Ciptakan Pembangunan Infrastruktur Ramah Lingkungan, BPJN Sultra Tanam Ribuan Pohon

KENDARINEWS.COM — Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penanaman pohon di kawasan strategis jalan nasional dan sekitar Jembatan Teluk Kendari. Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Tenggara, Dr. Ir. Yohanis Tulak Todingrara, MT mengatakan kegiatan ini adalah program penghijauan dalam rangka memperingati Hari Bakti PUPR ke-75 dengan tema “Sigap Membangun Negeri”. Program penghijauan ini serentak dilakukan seluruh daerah di Indonesia. ” Khusus BPJN Sultra kami menyediakan sekitar 1000 pohon dan kita mulai sejak 28 November lalu,” ucap Yohanis, Sabtu (5/12).

Tujuan dari kegiatan ini, lanjut dia,untuk menghijaukan daerah sekitar berdirinya infrastruktur PUPR sehingga bermanfaat menjaga sumber air. Selain itu, penanaman pohon akan meningkatkan kualitas ruang terbuka hijau sebagai fungsi esensial ekologis yang bisa dinikmati oleh semua masyarakat. Kata Yohanis, penanaman pohon ini dinilai sebagai komitmen kuat Kementerian PUPR dalam rangka menciptakan pembangunan infrastruktur berkelanjutan ramah lingkungan (environmental friendly).

“Penanaman pohon mampu memberikan rasa teduh dan keindahan. Kemudian pohon yang ditanam ini, untuk mencegah longsor di koridor jalan yang dianggap rawan. Mudah mudahan seluruh masyarakat bersama sama merawat pohon tersebut dan ikut menjaga segala macam infrastruktur yang ada di Sulawesi Tenggara,”jelasnya.

Dalam acara ini melibatkan banyak pihak, seperti dari pusat dalam hal ini Direktorat Jenderal Bina Konstruksi yang diwakili Direktur Kelembagaan Dan Sumber Daya Konstruksi, Ir. Nicodemus Daud, M.Si. Hadir juga Pemerintah Kota Kendari yang diwakili Asisten II, Ir. Hj. Rusnani, Camat Kendari, Laode Muh. Maluadi Poto, SH, Kapolsek Kandai, Kompol Redi Hartono, Lurah Kandai, Tahrir, Kesatuan Ikatan Pensiunan PUPR di Sultra, masyarakat setempat dan pihak terkait lainnya.

Direktorat Jenderal Bina Konstruksi melalui Direktur Kelembagaan Dan Sumber Daya Konstruksi, Ir. Nicodemus Daud, M.Si., mengapresiasi kegiatan yang dilakukan BPJN Sulawesi Tenggara. Menurutnya, penghijauan berperan penting dalam menurunkan suhu suatu wilayah. Banyaknya oksigen yang dikeluarkan oleh tumbuhan akan membuat ligkungan lebih segar, teduh, nyaman, dan asri.

“Sulawesi Tenggara khususnya Kota Kendari harus menjadi salah satu daerah yang mampu menghijaukan infrastruktur. Saya yakin seluruh masyarakat pasti akan mendukung, sehingga Infrastruktur akan terjaga dengan baik. Terpelihara dan terawat guna kemajuan bangsa dan untuk Indonesia Maju,” ungkapnya.

Sementara itu, Pemerintah Kota Kendari melalui Asisten II, Ir. Hj. Rusnani mengucapkan terima kasih kepada Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sulawesi Tenggara yang telah mengadakan penghijauan utamanya sekitaran Jembatan Teluk Kendari. Ia mengatakan, Pemkot Kendari akan melanjutkan segala macam hal baik yang dilakukan semua pihak khususnya BPJN Sultra.

“Jembatan Teluk Kendari merupakan ikon Sultra khususnya Kota Kendari, tempat sekitar Jembatan ini akan kita jaga. Untuk itu kedepannya kita akan bekerja sama dengan seluruh pihak terkait, menjaga keamanan, kebersihan dan kenyaman sekitar Jembatan Teluk Kendari ini,” kata dia.

Hal senada diungkapkan Camat Kendari, Laode Muh. Maluadi Poto, SH yang mengatakan sangat mendukung kegiatan penghijauan tersebut. Diakuinya wilayah Jembatan Teluk Kendari saat ini masih tandus, maka penghijauan ini sangatlah penting. “Dengan adanya penanaman pohon ini, semoga BPJN Sultra semakin lebih baik lagi, karena kita sangat merasakan dampak positif dari apa yang telah BPJN lakukan dan kerjakan,” ungkapnya. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top