Edukasi

Cetak Tenaga Kerja Terampil, BLK Kendari Maksimalkan PBK Institusional

eterangan gambar: Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari saat mengalungkan id card pada salah satu peserta pelatihan sebagai tanda dibukanya pelatihan berbasis kompetensi institusional tahap VIII, Rabu (8/9

KENDARINEWS.COM– Perkembangan zaman menuntut Sulawesi Tenggara memiliki sumber daya manusia yang berkompeten. Mempersiapkan SDM yang bersaing di dunia, Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari memaksimalkan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) Institusional.

Hal tersebut diungkapkan Kepala BLK Kendari, Bapak Dr. La Ode Haji Polondu,S.Pd.,M.Pd saat membuka secara resmi pelatihan berbasis kompetensi institusional tahap VIII. Dijelaskannya, sebanyak lima program pelatihan dibuka. Diantaranya pelatihan pembuatan roti dan kue II, tata rias pengantin muslim, asisten pembuat pakaian IV, menjahit pakaian wanita dewasa IV, dan teknisi akuntansi Junior.

“Kami berharap melalui pelatihan berbasis kompetensi ini, mampu mempersiapkan dan mencetak tenaga kerja terampil dan kompeten sesuai kebutuhan industri saat ini,” ungkapnya, Rabu (8/9).

Sehingga, kata dia, daerah tak kekurangan tenaga kerja siap pakai. SDM yang dicetak oleh BLK Kendari, nantinya mampu mengisi lowongan kerja yang dibutuhkan industri. Bila perlu, lanjutnya, mampu menciptakan lapangan pekerjaan itu sendiri.

“Pelatihan pada tahap VIII diikuti 80 peserta dengan masa pelatihan selama satu bulan. Kita inginkan ada perubahan dari siswa peserta pelatihan, dari tidak mengetahui atau kurang menguasai menjadi menguasai dan pada akhirnya menjadi yang kompeten dan terampil,” pungkasnya. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top