Wakatobi

Cetak 5.202 KIA, Disdukcapil Wakatobi Terbanyak Kedua di Sultra

KENDARINEWS.COM — Selain terus melakukan sosialisasi, jumlah realisasi kartu identitas anak (KIA), kian meningkat. Hingga September tahun 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi telah mencetak sebanyak 5.202 KIA. Dari hasil laporan data ini, Disdukcapil Wakatobi menempati posisi kedua dalam realisasi KIA se Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Disdukcapil Wakatobi, Abdul Rahim, mengatakan, realisasi ini diupayakan akan lebih meningkat lagi dibanding sebelumnya. Apalagi kata dia, meski berada di urutan kedua namun persentasenya baru mencapai 15,36 persen. Pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin sehingga KIA bisa dikantongi anak-anak di Wakatobi.

“Target kita itu sebanyak 33.870. Yang sampai hari ini baru terealisasi sebesar 15,36 persen atau setara 5.202 kartu. Tentu saja ini akan kita upayakan terus bertambah ya,” terangnya, Kamis (17/9). Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pihak sekolah terkait penyaluran KIA. Sosialisasi dilakukan agar masyarakat paham akan pentingnya KIA bagi anak. “Jadi, hanya satu kartu itu bisa menjelaskan identitas anak-anak kita. Kami terus melakukan koordinasi dengan sekolah-sekolah agar segera menyetor berkas sehingga KIA bisa dicetak,” tambahnya.

Selain KIA, Disdukcapil Wakatobi juga menduduki posisi ketiga tertinggi se Sultra dalam jumlah akta kelahiran (0-18 tahun). Target sebanyak 38.626 itu hampir dicapai. Pasalnya realisasinya telah menyentuh angka 37.559 jiwa atau dengan presentase sebesar 97,24 persen. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top