Kolom

Ceramah Ramadan Tanpa Ayat, Oleh : La Ode Diada Nebansi

KENDARINEWS.COM — Marhaban ya Ramadan. Selamat datang bulan ramadan. Bulan yang penuh berkah. Bulan 1.000 bulan nilainya dengan bulan-bulan lainnya. Artinya, nilai perbuatan di bulan ramadan akan diganjar oleh Allah SWT dengan ganjaran 1.000 kali dibanding dengan perbuatan di bulan non ramadan. Jika perbuatanmu bernilai ibadah, maka ibadah di bulan ramadan akan diganjar pahala 1000 kali. Banyanyaee. Sebaliknya, perbuatan dosa di bulan ramadan juga akan diganjar dosa 1000 kali. Ngerkunee.

Belum paham dengan penjelasan ini? Saya kasi contoh. Kamu jujur akan diganjar dengan 1.000 pahala kejujuran dan jika kau bohong akan diganjar dengan 1.000 dosa kebohongan. Belum paham juga? Saya kasi ilustrasi lagi. Jika kamu bersedekah kepada satu orang fakir, maka Allah akan mencatatkan 1.000 pahala sedekah. Sebaliknya, jika kamu tilep uang TPP janda miskin honorer kebersihan, maka Allah SWT akan mencatatkan 1.000 dosa untukmu.

Karena itu, dengan banyaknya potensi pahala di bulan ramadan ini, saya ingin beribadah sekhusyuk-khusyuknya. Salat lima waktu saya ingin jaga agar tepat waktu. Tapi, jangan sebut saya berpotensi radikal karenanya. Saya mau tepat waktu salat hanya karena ingin kelak menghadap ke haribaan Illahi Rabbi, tanpa pertanyaan hisab. Kira-kira, ibarat saya kelak menghadap gubernur, tanpa harus melewati ajudan. Tanpa rapid. Tanpa pertanyaan kiri kanan. Pokoknya, asal gubernur melihat wajah saya, Pak Gub akan langsung merespons: Onggi, sini. Masuk. Hanya itu tujuan kekhusyuanku. Jangan sebut saya radikal.

Di bulan ramadan ini, saya ingin beribadah khusyuk sekhusyuk-khusyuknya. Saya ingin mengenakan jubah putih. Tapi, jangan sebut saya berpotensi radikal. Jubah putih dan jubah hitam hanya untuk menambah kekhusyuanku. Ibarat laju kendaraan di pendakian terjal, jubah putih adalah rem. Ibarat muncikari yang akan menawarkan stoknya, jubah putih adalah hijab yang paling ampuh yang membuat muncikari tak kuasa berkata-kata.

Dapatkah seseorang dibuat tak sanggup berkata-kata? Jangankan orang, ular dan buaya saja bisa dibuat agar tak sanggup membuka mulutnya. Tak percaya, pergi belajar toropo dan kukubaga sama La Sahia. Toropo ialah diam seperti orang strok. Dan kukubaga ialah persendian rahang takancing. Karena itu, yakinkanlah dirimu bahwa jubah putih sesungguhnya penangkal paling ampuh dari setiap tindakan jahat. Jubah putih tak akan berbuat jahat dan juga tak akan dijahati. Karena itu, kelak saya mengenakan jubah putih, jangan sebut saya radikal. Sebut saja, Pak Onggi sudah hijrah.

Di bulan ramadan ini, saya ingin meningkatkan hafalan Alquran. Karena itu, usai ramadan, kelak saya acap kali menyelipkan ayat-ayat Alquran, jangan lalu diartikan saya berpotensi radikal. Jangan. Sebut saja, Pak Onggi sudah hijrah. Hijrah dari memikirkan dunia melulu ke sedikit-sedikit berpikir akhirat.

Hijrah dari memikirkan banyanya uangnya itu orang-orang tambang yang berpakain katelpack berhelm industry tapi muka gelisah, sekarang sudah memikirkan orang-orang tabligh yang berpakaian jubah, uangnya sedikit, berhelm kopiah haji tapi muka teduh berseri-seri. Karena itu, jangan sebut saya radikal. Saya hanya ingin banyak uang seperti orang-orang tambang, tapi mukaku teduh berseri-seri seperti orang-orang yang mukanya sering terbasuh air wudhu. Takbir: Allahu Akbar.

Ramadan adalah bulan penuh berkah. Nilai berkahnya 1.000 kali dibanding bulan-bulan lain. Logika sulit menerima ini. Tapi, seorang muslim akan meyakini itu. Saya pun yakini itu. Tapi, jangan tanyakan dalil ke saya. Saya tidak tahu. Yang saya tahu, Alquran, kitab suci orang-orang muslim, diturunkan pada bulan ramadan. Non muslim bisa jadi tak akan yakin dengan Alquran.

Tapi asal tahu saja, saya tahu sejarah rivalitas Fir’aun dan Nabi Musa dari Alquran. Saya tahu Nabi Ismail, puteranya Nabi Ibrahim dari Alquran. Saya tahu bahwa ada gunung berapi di dasar samudera juga dari Alquran. Saya tahu ada pertemuan dua lautan yang tak saling bercampur juga dari Alquran. Saya tahu Fir’aun meninggal karena tenggelam dari Alquran. Saya tahu jika langit itu tujuh lapis juga dari Alquran. Saya tahu jika orang meninggal itu bukan akhir dari perjalanan hidup juga dari Alquran.

Yang terakhir ini, memberikan kesimpulan kepada saya bahwa Tuhan Maha Adil. Kenapa? Jika kematian dianggap akhir dari segalanya maka Tuhan tidak adil. Tidak adil karena La Kepe tinggal di gubuk reyot, kamu tinggal di rumah gedongan. Alasanmu, rumah gedonganku adalah warisan, sedangkan La Kepe tak punya warisan.

Pertanyaannya, kenapa Tuhan melahirkan kamu dari orang tua kaya kenapa La Kepe tidak? Tidak adil Tuhan. Alasanmu, orang tuaku berpendidikan, orang tua La Kepe buta huruf. Kenapa Tuhan Dia buta hurufkan, sedangkan kamu dipendidikankan? Tidak adil Tuhan. Oleh karena Tuhan Maha Adil, maka Tuhan akan mengujimu dengan kekayaanmu, apakah kamu bersyukur dengan kekayaan itu. Dan, La Kepe pun akan diuji dengan kemiskinannya, apakah dia sabar dengan kemiskinan itu atau tidak. Dimana mengujinya? Di kehidupan setelah kehidupan ini. Ini kata Al Quran, bukan kata saya. Mana dalilnya? Saya tidak tahu. Tapi bahwa, saya pernah mendengar dari Kiay seperti itu. Persoalan bahwa Kiay yang saya dengar kata-katanya ternyata keliru memahami ayat, yah, jangan salahkan saya.

Bagi seorang muslim akan meyakini bahwa Alquran adalah petunjuk hidup. Pegangan hidup. Ya, saya yakini sebagai petunjuk hidup. Lihat saja pengetahuan soal sejarah para nabi, langit yang bersusun tujuh, pertemuan dua lautan yang tenyata ada di wilayah Maroko, gunung berapi di bawah lautan, Nabi Nuh yang selamat dari gulungan air bah, semua ini terjadi jauh sebelum Alquran diturunkan. Jauh sebelum Nabi Muhammad SAW lahir. Tapi kenapa tercatat dalam Alquran dengan begitu jelas? Artinya, Alquran memang kalam Ilahi. Artinya, Alquran adalah kitab wahyu. Mana dalilnya? Saya tidak tahu. Baca Alquran. Kata Alquran: Alquran, tidak ada keraguan bagimu. Karena itu, saya ingin menambah hafalan ayat-ayat Alquran tapi jangan sebut saya radikal.(nebansi@yahoo.com)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top