Metro Kendari

Cegah Virus Penyakit, Dinkes Galakkan Gerakan PHBS

KENDARIPOS.CO.ID — Pemkot Kendari terus berupaya mencegah penyebaran virus corona. Tidak hanya gencar mengkampanyekan penerapan protokol kesehatan (Prokes), Pemkot melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari turut menggalakkan gerakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Kepala Dinkes Kota Kendari, drg Rahminingrum mengatakan wabah penyakit bisa menyerang kapan saja. Saat kemarau, hujan dan cuaca tak menentu seperti sekarang ini setiap orang rentan terserang penyakit. “Harus diingat meski kita sedang berfokus menghadapi Covid-19, penyakit lain jangan sampai dilupakan seperti diare, demam dan inspeksi saluran pernapasan akut (ISPA),” katanya.

Menurutnya, penting untuk seluruh warga metro meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) guna meminimalisir masuknya embrio penyakit ke tubuh. Terutama wabah covid-19. “Solusinya, jaga PHBS, tingkatkan sistem imun tubuh dan rutin berolahraga. Konsumsi makanan yang bergizi dan seimbangkan dengan istirahat,” ujarnya.

Ia mengingatkan masyarakat tetap patuh mengikuti imbauan pemerintah. Sebab upaya ini tak lain agar masyarakat tidak terpapar virus ini. Untuk itulah, ia meminta masyarakat harus tetap waspada namun tak perlu panik yang berlebihan. “Untuk seluruh masyarakat, institusi, aparat TNI dan Polri bersama-sama dan bahu-membahu agar Perwali Nomor 47 tahun 2020 benar-benar bisa diterapkan. Penerapan dilakukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 yang belakangan ini jumlahnya terus meningkat,” pungkasnya. (c/m2)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top