Metro Kendari

Cegah Penyebaran Covid, Pemkot Intens Lakukan Tracing

KENDARINEWS.COM — Untuk mencegah penyebaran covid-19, Pemkot Kendari terus melakukan tracing. Beberapa waktu lalu, pemerintah melakukan tes swab antigen massal di pasar Basar Mall Mandonga. Hasilnya, sebanyak 250 pedagang dinyatakan non reaktif dari wabah yang menyerang sistem pernapasan itu.

Kepala Dinas Kesehatan Kendari drg. Rahminingrum mengungkapkan pihaknya sama sekali tidak menemukan padangang yang reaktif. Kendati demikian, baik pedagang maupun pengunjung diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak aman (Physical Distancing), menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas (keluar rumah).

“Selama libur lebaran, pasar dan pusat perbelanjaan kerap menimbulkan kerumunan. Makanya, kami terus mengimbau pedagang dan pengunjung untuk tetap mengutamakan protokol kesehatan sebelum bertransaksi. Itu penting untuk melindungi kita semua dari penularan Covid-19,” ungkap Rahminingrum.

Di sisi lain, Rahminingrum berharap masyarakat untuk mensukseskan program vaksinasi Covid-19. Pasalnya program tersebut mampu memutus mata rantai penularan dikarenakan terciptanya kekebalan kelompok (Herd Immunity) ditengah masyarakat.

“Saat ini kita prioritaskan untuk orang tua kita para lansia (Lanjut Usia) dan Petugas Publik. Dua kelompok itu sangat rentan tertular. Kalau lansia karena imunitasnya yang sudaj menurun. Sementara petugas publik beresiko terpapar karena aktifitasnya dipelayanan,” kata Rahminingrum. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top