HEADLINE NEWS

Cegah Penularan Covid-19, Poli Gigi Puskesmas Tutup Layanan

KENDARINEWS.COM — Penangan pasien sakit gigi di Puskesmas ditiadakan. Untuk sementara pengobatan maupun konsultasi dipindahkan di Rumah Sakit (RS). Tidak hanya karena fasilitas pemeriksaan yang terbatas, upaya ini untuk mencegah penyebaran covid-19. Pemeriksaan gigi memiliki resiko tinggi penularan virus corona.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendari, drg Rahminingrum, mengungkapkan tidak adanya tindakan medis pada poli gigi di Puskesmas disebabkan karena adanya faktor Aerosol atau gas yang keluar dari rongga tenggorokan, “Itu yang berbahaya baik untuk pasien maupun untuk petugas. Jadi selama pandemi memang tidak dilakukan tindakan,” kata Rahminingrum.

Dia menyarankan warga yang mengeluhkan rasa sakit pada bagian gigi untuk berkonsultasi pada doker spesialis gigi di Rumah Sakit Umum (RSU) terdekat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. “Kalau di rumah sakitkan akan dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih dulu, tidak serta merta langsung di periksa bagian giginya. Juga perlengkapan RSU yang lebih lengkap,” ungkap Rahminingrum.

Meskipun poli gigi pada puskemas ditutup selama masa pandemi ini, Rahminingrum memastikan pelayanan lainnya tetap dibuka seperti pelayanan pengobatan umum, pelayanan terhadap ibu hamil, pelayanan kesehatan ibu dan anak (KIA) serta KB (Keluarga Berencana).
Jika pun dikemudian hari ada nakes yang terindikasi terpapar covid-19, petugasnya yang akan mendapatkan perwatan dan tidak ada penutupan puskesmas.

“Kalau nakesnya bergejala, ya dia dirawat di Rumah Sakit. Kalau tidak bergejala dia isolasi mandiri. Tapi pelayanan (puskesmas) tetap berjalan seperti biasa,” kata Rahminingrum. Dia pun menyarankan bagi warga yang hendak berobat di puskesmas untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman, “Kan semua puskesmas disediakan sarananya, seperti saran cuci tangan dan sebagainya. Kalau sudah patuh mudah-mudahan kita bisa terhindar dari paparan virus corona,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top