Metro Kendari

Cegah Pendanaan Aksi Teroris, Kotak Amal di Minimarket Bakal Diawasi

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kota Kendari bakal melakukan pemeriksaan terhadap kotak amal yang bertebaran di sejumlah minimarket di kota lulo. Upaya itu menanggapi dugaan penyalahgunaan kotak amal untuk pendanaan aksi terorisme. Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengaku telah menginstruksikan Dinas Sosial (Dinsos) untuk melakukan interverisir, pemeriksaan dan pengawasan kotak amal yang tersebar di beberapa supermarket maupun minimarket. “Kita tidak tinggal diam, saya sudah instruksikan Dinsos untuk periksa (kotak amal). Saya pastikan kotak amal yang ada benar-benar dari lembaga amil zakat (LAZ) yang terdaftar di Kementerian Agama (Kemenag),” kata Sulkarnain Kadir.

Masyarakat diminta tak sembarangan berzakat, berinfak maupun bersedekah dan sebaiknya dalam beramal terlebih dahulu memastikan kotak amal benar-benar dari lembaga amal yang resmi. “Periksa dan pastikan kotak amal itu resmi dari lembaga amil zakat. Kalau ada hal yang mencurigakan segera laporkan kepada pemerintah setempat, dinsos atau pihak yang berwajib,” kata Sulkarnain. Di sisi lain, para pemilik minimarket dan pelaku usaha lainnya untuk tidak menerima kotak amal yang tidak jelas asal usulnya dan menyarankan terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan Dinsos. “Harus dipastikan betul dia (kotak amal) berasal dari lembaga amil zakat resmi,” ujar Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Kepala Dinsos Kota Kendari Indra Muhammad mengaku siap menindaklanjuti instruksi wali kota perihal pengawasan kotak amal. Dalam waktu dekat, pihaknya bersama jajaran terkait dalam hal ini Polres Kendari dan Baznas Kota Kendari bakal melakukan pengawasan, “Kami kordinasikan dulu,” ujarnya. Ketua Baznas Sultra, Muhammad Andi Hasbi Saing mengapresiasi langkah Pemkot dalam melakukan pengawasan sejumlah kotak amal di minimarket. Menurutnya, upaya tersebut sejalan dengan undang-undang nomor 23 tahun 2011 pasal 14 tentang pengawasan dan pembinaan Baznas dan LAZ.

“Kita harus memiliki komitmeb yang kuat untuk melindungo sedekah masyarakat yang dikumpulkan melalui lembaga amil zakat maupun oleh baznas sendiri. Saya ingin seluruh pemda melakukan hal yang sama. Dan saya ingin kemenag (Kementerian Agama) memberikan sanksi yang tegas kepada siapa saja yang memungut sedekah tanpa sepengetahuan pemerintah,” pungkasnya. (b/ags)

Lembaga Amil Zakat yang Terdaftar
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)
Baitul Maal Hidayatullah (BMH)
Inisiatif Zakat Indonesia (IZI)
Dompet Dhuafa
Yayasan Mu’adz Bin Jabal
Lembaga Zakat, Infak dan Sedekah (Lazismu)
Nadhlatul Ulama (NU)-Care
Wadah Inspirasi Zakat (WIZ)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top