Metro Kendari

Cegah Konflik Sosial, Korem Edukasi Intelijen


KENDARINEWS.COM — Komando Resort Militer (Korem) 143 Haluoelo (HO) terus menjaga kondusifitas daerah. Tidak hanya menjaga ketahanan dan keamanan dari berbagai ancaman, Korem 143/HO turut meminimalisir potensi konflik sosial di Bumi Anoa. Salah satunya melalui kegiatan Pembinaan dan Komunikasi Ancaman, Gangguan, Hambatan dan Tantangan (Binkom AGHT), Jumat (16/10). Kegiatan ini diikuti 150 peserta dari berbagai elemen masyarakat berlangsung di aula Jenderal Sudirman Markas Korem 143 Holuoleo Kendari.

Danrem 143/HO, Brigjen TNI Jannie Aldrin Siahaan mengatakan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas intelejen yang wajib dimiliki. “Pembekalan kontra radikal ini diharapkan dapat dijadikan pedoman untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas intelijen dalam menghadapi setiap ancaman gangguan hambatan dan tantangan dan konflik sosial di wilayah Sultra,” kata jenderal bintang satu ini.

Pembinaan ini kata dia, penting dilakukan. Apalagi beberapa daerah di Sultra bakal menggelar pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. “Kita akan menghadapi hajat besar Pilkada tahun 2020. Untuk itulah, kita harus selalu bekerja sama dengan instansi terkait untuk mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan. Disinformasikan harus dicarikan solusi yang terbaik,” imbuh Danrem.

Peserta pelatihan, Asrin mengaku sangat senang mengikuti giat Binkom AGHT yang digelar Korem 143/HO. Menurutnya, setiap warga wajib diedukasi soal intelejen supaya bisa turut andil dalam menjaga keamanan dan ketertiban wilayah tempat tinggalnya. “Untuk menjaga kondusifitas wilayah memang sudah menjadi tanggung jawab TNI/Polri, akan tetapi peran masyarakat juga penting dalam memberikan informasi yang akurat kepada pihak kemanan jika suatu hal yang tidak diinginkan terjadi,” kata Asrin.

Sekedar informasi, Adapun pemateri dalam kegiatan Binkom AGHT adalah AKBP Dr. Sutadi M.Pd (Kasubdit Binmas Polda Sultra) materi tentang konflik dan Drs. H. A. Muh. Toaso M.M (Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional Kesabangpol Sultra) materi tentang pencegahan konflik sosial. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top