Metro Kendari

Cegah Covid-19, Pemkot Masifkan Tracing

KENDARI,KENDARINEWS.COM– Jumlah kasus aktif Covid-19 bertambah. Hingga Senin (21/06/2021), jumlahnya mencapai 118 kasus atau bertambah 1 kasus dari yang sebelumnya hanya 117 kasus. Atas dasar itu, pemkot masif melakukan tracing. Upaya itu untuk mencegah penularan Covid-19 lebih meluas.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, tak menampik jika saat ini telah terjadi kenaikan jumlah kasus terkonformasi positif di otoritanya. Langkah tracing terhadap masyarakat, terutama menyasar masyarakat yang keluarganya terpapar Covid-19 mesti dilakukan.

“Tracing kita semakin masifkan. Kalau dulu standarnya 1 pasien kita tracing 100 orang disekitarnya, sekarang 1 pasien maka kita tracing 300 orang. Itu untuk memastikan bahwa tidak terjadi transmisi lokal yang tidak terkendali,” kata Sulkarnain Kadir kepada kendarinews.com, Selasa (22/06/2021).

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (kiri) saat dilakukan pengecekan suhu tubuh oleh panitia program Kotaku beberapa waktu lalu. AGUS SETIAWAN / KENDARINEWS.COM

Politisi PKS Sultra ini mengaku telah menginstruksikan Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 untuk memasifkan tracing di wilayah yang terindikasi rawan terjadi penularan wabah yang menyerang sistem pernapasan itu.

Selain itu, kebijakan pemkot lainnya yakni melakukan pengawasan dan pengendalian pada lingkungan kawasan pemukiman yang terdeteksi ada pasien positif Covid-19.  Itu sebagai implementasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro yang menjadi kebijakan pemerintah pusat.

“Ini fenomena nasional. Saya kira kita sudah belajar setahun lebih bahwa situasi ini jangan dihadapi dengan kepanikan. Karena semakin panik semakin kita tidak bisa kendalikan eskalasinya. Oleh karena itu, percayakan kepada kami (pemerintah) melakukan langkah-langkah straregis seperti tracing dan PPKM Mikro yang saat ini masih digodok,” kata Sulkarnain Kadir. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top