Konawe Kepulauan

Camat Wawonii Barat Tepis Abaikan Tugas

KENDARINEWS.COM — Pelayanan administrasi, tidak mesti harus dilakukan di kantor. Di luar lingkungan kerja pun, ketika masyarakat butuh, pemangku kebijakan bisa melayani. Itulah yang coba diterapkan Camat Wawonii Barat (Wabar), Takdir. Mantan Sekretaris Dinas (Sekdis) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) itu menegaskan, ia tidak pernah meninggalkan tugas selama dirinya masih menyandang sebagai status Aparatur Sipil Negara (ASN). Apa lagi ia merupakan perpanjangan tangan Bupati Konkep, untuk mengontrol wilayah Wabar.

Takdir menegaskan hal tersebut dan angkat suara usai Pelaksana Jabatan Sementara (Pjs) Bupati Konkep, Muhammad Yusuf, turun melakukan inspeksi pada 6 Oktober lalu di kantornya. Kata dia, waktu itu dirinya bersama beberapa staf berkantor sesuai jam kerja di pagi hari. “Pada saat pukul 12.00 Wita, saya pulang di rumah untuk makan siang. Memang setelah waktu istrahat, saya tidak kembali lagi ke kantor. Karena ada beberapa masyarakat yang mendatangi saya di rumah untuk minta pelayanan. Alasan warga, kalau ke kantor lagi, itu jauh,” jelas Camat Wabar, Takdir, Minggu (11/10).

Ia menegaskan, ada beberapa pertimbangan sehingga dirinya memberikan pelayan di rumah. Selain jarak tempuh kantor yang cukup jauh, kelengkapan administrasi, seperti komputer dan printer belum dimiliki di Kantor Camat Wabar. “Kalau ada yang mau diketik, terpaksa Laptop anak saya yang dipakai. Tapi di anggaran perubahan ini, saya sudah perjuangkan untuk pengadaan dua unit perangkat komputer dan printer. Kami juga di kecamatan ASN-nya hanya berjumlah empat orang,” ujarnya.

Akhir-akhir ini dirinya bersama TNI dan Polri, sering menghadiri undangan penyelenggara Pemilu. Mantan Kepala Bidang (Kabid) Olahraga Dinas Parmudora Konkep itu, terus turun lapangan di masyarakat untuk memastikan Kamtibmas di wilayahnya tetap kondusif selama tahapan Pilkada berlangsung. “Wajar kalau Pjs Bupati Sidak dan kami tidak ada di kantor. Setelah kami istrahat ada masyarakat yang minta pelayanan di rumah. Pada saat Sidak waktu itu juga, saya bersama pihak kepolisian turun lapangan untuk menyelesaikan masalah salah satu warga yang tercatat di DPS, namun baru di wilayah tersebut. Silakan tanya masyarakat kalau memang saya malas berkantor,” tantang Takdir.

Sebelumnya, Pjs Bupati Konkep, Muhammad Yusuf, memantau aktivitas Aparatur Sipil Negara (ASN) di tingkat kecamatan. Namun mantan Kepala BPBD Muna itu, geram ketika melihat kantor Kecamatan Wawonii
Barat (Wabar) yang kosong saat jam kerja berlangsung. “Kami akan rapatkan bersama untuk memberikan sanksi pada camat yang malas. Pasti kita tindaki,” ancamnya. Muhammad Yusuf mengungkapkan, pemandangan kantor kosong juga terjadi di Kecamatan Wawonii Tenggara. (b/san)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top