Cakupan Vaksinasi di Kendari Capai 88,53 Persen

Kendari Penuhi Syarat Herd Immunity

KENDARINEWS.COM — Cakupan vaksinasi di Kota Kendari telah mencapai 88,53 persen atau sekira 234.728 dari sasaran 265.147 penduduk telah menerima vaksin Covid-19. Capaian tersebut menjadikan Kota Lulo sebagai salah satu wilayah di tanah air yang telah tercapai Herd Immunity (kekebalan kelompok).

Wakil Wali Kota Kendari, dr. Hj. Siska Karina Imran mengatakan Kota Kendari sudah menjadi salah satu daerah yang telah terbentuk kekebalan kelompoknya. Itu tercermin dari capaian vaksinasi yang sudah mencapai 88,53 persen.

“Jika 80 persen populasi kebal terhadap suatu virus, empat dari setiap lima orang yang bertemu seseorang dengan penyakit tersebut tidak akan sakit dan tidak akan menyebarkan virus tersebut lebih jauh,” kata dr. Hj. Siska Karina Imran, kemarin.

Wakil Wali Kota Kendari, dr. Hj. Siska Karina Imran (tengah, pakai kacamata) mendampingi Menteri Tito Karnavian (kiri) saat memantau pelaksanaan vaksinasi di Pelataran Kantor Dinkes Kendari. AGUS SETIAWAN/KENDARI NEWS

Politisi Partai NasDem ini meyakini vaksinasi merupakan salah satu cara untuk mengendalikan wabah yang menyerang sistem pernapasan itu. Meski sudah terbentuk Herd Immunity, Siska menyarankan masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) 5M yakni menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas. “Tetap patuhi prokes,” ujarnya.

Di sisi lain, ia meminta masyarakat yang belum menerima vaksin untuk segera mengunjungi seluruh Puskesmas terdekat. Hal tersebut penting dilakukan agar seluruh masyarakat Kota Kendari terhindar dari penularan Covid-19 yang bahkan kini tengah bermutasi menjadi varian baru jenis omicron. (b/ags)

Vaksinasi di Kota Kendari
Sasaran 265.147 Jiwa
Cakupan 234.728 Jiwa (88,53 Persen)

5.760 Nakes
50.542 Petugas Publik
8.420 Lansia
133.904 Masyarakat Umum
36.102 Remaja
435 Vaksin Gotong Royong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *