Konawe Kepulauan

Bupati Konkep Pantau Progres Pembangunan Infrastruktur Jalan

KENDARINEWS.COM — Komitmen Bupati Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Ir. H. Amrullah dan Wakilnya, Andi Muhammad Lutif, dalam membenahi infrastruktur jalan terus ditingkatkan. Rp 16 miliar anggaran dialokasikan untuk membenahi enam ruas jalan di Pulau Wawonii. Mulai dari ruas Rokoroko-Lawey, Lampeapi Baru-Lampeapi, Wawouso-Bobolio, Dimba-Mata Dimba dan jalan Tambaone-Lansilowo. Amrullah turun langsung ke lapangan untuk memastikan pengerjaan infrastruktur jalan tahun ini berjalan baik.

Pasalnya, ketika akses jalan bagus, mobilisasi barang dan jasa berjalan lancar. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Amrullah mengatakan, infrastruktur jalan dan jembatan masih menjadi prioritas utama hingga 2021 mendatang. Mantan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum (PU) Konkep itu juga berkoordinasi ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra dan pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) agar semua akses transportasi di Pulau Wawonii bisa terkoneksi dengan baik.

“Target dalam rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) untuk pengaspalan jalan di Pulau Wawonii sudah terlampaui. Yang diproyeksi tuntas dalam waktu lima tahun, bisa diselesaikan dalam kurun waktu empat tahun. Selain jalan, infrastruktur jembatan juga kami prioritaskan. Agar akses tujuh kecamataj di Pulau Wawonii bisa terkoneksi dengan baik,” kata Magister Teknik Sipil tersebut, Kamis (17/9).

Di tempat yang sama, Pokja Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK), Dolly Siregar, juga turun langsung memantau kondisi jalan di Bumi Wawonii. Kata dia, tahun 2021, ada beberapa ruas jalan di Pulau Wawonii akan dianggarkan melalui APBN. Saat ini pihaknya lagi menungu usulan Satker Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), ruas jalan mana saja yang akan diusulkan untuk ditender.

“Yang jelasnya tahun 2021 pengaspalan ruas jalan dari APBN bisa terlaksana. Untuk lokasinya kami masih melihat prioritasnya dulu. Kami (BP2JK) hanya sebatas melelang paket barang dan jasa rekanan mana yang layak untuk mengerjalan ruas jalan di Pulau Wawonii yang bersumber dari APBN. Oktober ini kami sudah mulai lelang dini,” tandasnya, saat ditemui di Kecamatan Wawonii Selatan, kemarin. (b/san)

Proyek Jalan yang Diaspal dari DAU 2020 :

  • Ruas Rokoroko-Lawey : Rp 2,5 miliar
  • Ruas Lampeapi Baru-Lampeapi : Rp 2,4 miliar
  • Ruas Wawouso-Bobolio : Rp 2,4 miliar
  • Ruas Dimba-Mata Dimba : Rp 2,4 miliar
  • Ruas Tambaone-Lansilowo : Rp 2,4 miliar
  • Ruas Lamoluo-Simpang Batumea : Rp 6 miliar
    *) Desember ditargetkan tuntas 100 persen.
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top