Kolaka

Bupati Kolaka Pantau Lokasi Perayaan HUT RI : Upacara Digelar Sederhana, Peserta Dibatasi

KENDARINEWS.COM — Situasi pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan berarti bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka untuk menggelar upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus nanti. Rabu (12/8), Bupati Kolaka, H. Ahmad Safei terlihat turun langsung meninjau lokasi persiapan upacara di Taman Kota, eks Terminal Latambaga.

Meski cuaca cukup terik, orang nomor satu di Bumi Mekongga itu tetap melakukan peninjauan lokasi. Untuk memastikan semua persiapan upacara, Safei juga terlihat berdiskusi dengan para Kepala SKPD sebagai panitia kegiatan. Kabag Humas dan Protokol Setkab Kolaka, Anas Yusuf, mengungkapkan, upacara HUT kemerdekaan RI tahun ini berbeda dari sebelumnya. Sebab dilaksanakan dalam kondisi pandemi Covid-19. Sesuai dengan petunjuk dari Pemerintah Pusat, pelaksanaan upacara tahun ini akan digelar secara sederhana.

“Tahun ini hanya 10 personel TNI dan 10 anggota Polri. Undangan terdiri dari Forkopimda dan pejabat eselon II serta para camat,” ungkap Anas Yusuf. Mantan Sekretaris Disnakertrans Kolaka itu menambahkan, pasukan pengibar bendera yang dilibatkan pada upacara tahun ini juga jauh lebih sedikit. Kata dia, pihaknya tahun ini tidak melakukan seleksi untuk Paskibra tersebut.

“Untuk pengibar bendera enam orang. Tiga bertugas saat penaikan dan tiga orang lainnya untuk menurunkan bendera. Mereka yang bertugas ini diambil dari cadangan Paskibra tahun lalu. Meskipun digelar sederhana, namun semua tetap akan berlangsung khidmat,” yakinnya. Anas melanjutkan, selain pelaksanaan yang berbeda karena digelar sederhana, lokasi upacara tahun ini juga tidak lagi dilaksanakan di Alun-alun 19 November, melainkan di Taman Kota, eks Terminal Latambaga. “Kebetulan setelah upacara akan ada acara tambahan penyerahan pemanfaatan Taman Kota yang merupakan program “Kotaku” dari Kepala Balai ke Pemkab Kolaka,” tuturnya. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top