Buton

Bupati Jamin Pengadaan Seragam Sekolah Sesuai Spesifikasi

KENDARINEWS.COM — Kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton untuk mengurangi beban orang tua siswa melalui penyediaan seragam sekolah gratis, tak diterima baik sebagian pihak. Terkhusus pada kualitas seragam itu, ada yang menilai tidak sesuai spesifikasi dalam rencana anggaran biaya (RAB). Persatuan Intelektual Cendekiawan dan Aktivis Kepulauan Buton (PICA Kepton) menyampaikan ketidakpuasannya atas pengadaan seragam tersebut.

PICA Kepton menuding pihak Dinas Pendidikan Buton tidak transparan dalam pengadaan bernilai Rp 2 miliaran itu. Menanggapi sorotan tersebut, Bupati Buton, La Bakry, mengatakan, tak ada yang janggal dalam pengadaan baju sekolah itu. Saat menyerahkan secara simbolis beberapa waktu lalu, ia juga tak merasa ada yang berbeda. Sehingga, apa yang disampaikan PICA Buton dinilainya hanya perlu klarifikasi saja. “Saya sudah lihat, itu normal saja. Kualitasnya juga sama dengan yang lain,” katanya.

Menurut Bakry, pengadaan baju sebanyak 14 ribu lembar lebih itu telah melalui tahapan lelang. Pihak ketiga yang menjadi pemenang tender tentu sudah melihat spek sesuai RAB. “Tidak ada masalah.,Kan itu dilelang dan bukan Dinas Pendidikan yang buat,” sambungnya. Lagipula, saat ini seluruh penggunaan anggaran tahun 2020 lalu kini tengah dalam pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Sehingga apa yang dipersoalkan tersebut bisa sekaligus dijawab dengan hasil audit nanti. “Ada pemeriksa yang bekerja,” pungkasnya. (b/lyn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top