Buton Utara

Bupati Butur Kembangkan Rumput Laut dan Lobster

KENDARINEWS.COM—Bupati Buton Utara (Butur) Ridwan Zakariah paham betul bagaimana mendorong pertumbuhan ekonomi daerahnya. Ia menilai bila potensi sektor perikanan Butur bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan ekonomi daerah.

Karena itu, bupati Butur dua periode itu fokus mengembangkan rumput laut dan lobster. Menurutnya, Butur merupakan daerah yang punya potensi rumput laut dengan kualitas terbaik di Sultra, selain Buton Tengah dan Bombana. Untuk membantu warga meningkatkan kualitas dan produk rumput laut, kata dia, pemerintah memberikan bantuan berupa tali dan pembasmi hama.

“Hama tidak hanya di darat, tapi di luat juga. Itulah yang merusak kualitas rumput laut. Kita kini kembangkan sektor perikanan, bukan berarti pertanian kita abaikan. Kita juga tetap dorong peningkatan sektor pertanian. Apalagi di Jarizah Buton, Butur mempunyai tanah yang subur, tepat untuk pertanian,” katanya saat ditemui Kendari Pos, kemarin,” ungkap Ketua KONI Butur itu.

Demi membuat Butur sebagai penghasil lobster, Pemkab Butur menggandeng Universitas Halu Oleo untuk membangun laboratorium untuk pembibitan lobster. Dengan begitu, kata dia, bisa menghasilkan lobster dengan kualitas terbaik. “Kita baru kerjasama dengan UHO untuk membangun laboratorium. Tahun 2022, kita akan mulai merealisasikannya,” ungkap Ketua Majelis Kehormatan DPW PAN Sultra itu. (ali/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top