Buton Tengah

Bupati Buteng Anggarkan Beasiswa untuk Mahasiswa Rp 1 Miliar

KENDARINEWS.COM — Kepedulian Bupati Buton Tengah (Buteng), H Samahuddin terhadap sektor pendidikan sangat besar. Tiap tahun, miliaran anggaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat diporsikan untuk pendidikan. Tidak hanya melalui pembangunan sarana dan prasana, Pemkab turut mengalokasikan untuk biaya pendidikan putera-puteri asal daerah berjuluk negeri seribu goa ini melalui program “Beasiswa Cerdas Samatau”.

“Tahun 2021, kita sudah anggarkan Rp 1 miliar untuk beasiswa Samatau melalui APBD Buteng. Beasiswa ini dikhususkan bagi pelajar yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Mahasiswa kini bisa mengusulkan untuk mendapatkan beasiswa tersebut,” ujar Samahuddin, Kamis (25/3). Program beasiswa Cerdas Samatau kata dia, untuk meningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB), Buteng harus mengejar ketertinggalan dari daerah lain yang lebih dulu terbentuk. Di sisi lain, pihaknya ingin meringankan beban orang tua yang anakanya tengah menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Saya menyakini, kalau SDM kita maju dan unggul, maka pembangunan Buteng akan maju kedepannya. Untuk itulah, kemajuan Buteng bisa kita gapai. Makanya, sektor pendidikan harus menjadi perhatian,” terang politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) ini. Samahuddin berharap kepada mahasiswa, untuk memanfaatkan beasiswa Cerdas Samatau dengan sebaik-baiknya. Ia juga inginkan dengan adanya beasiswa ini, minta belajar terus ditingkatkan. “Semoga beasiswa yang disediakan Pemkab dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya dalam hal pendidikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Buteng, Ahmad Nasmudin menambahkan anggaran beasiswa Cerdas Samatau sudah ada. Pendaftarannya akan di buka tanggal 2-25 Juni mendatang. Bagi mahasiswa ingin mengambil formulir silahkan datang di kantor Pemkab Buteng. “Pendaftarannya dibuka awal bulan Juni. Dan beasiswa ini diperuntukkan untuk mahasiswa berprestasi dan kurang mampu. Dan program studi/jurusan harus terakreditasi B ,” ucapnya. Dengan adanya informasi awal ini, Ahmad menyarankan bagi mahasiswa yang kuliah di daerah Buteng maupun luar Buteng untuk segera mempersiapkan persyaratan pengajuan proposal beasiswa. Dan pengurusannya tidak dipungut biaya, alias gratis. “Kepengurusannya itu gratis. Jadi, untuk adik-adik yang memenuhi persyaratan, insyaallah akan mendapatkan bantuan beasiswa,” singkatnya. (b/rud)

Beasiswa Cerdas Samatau
-Khusus Perguruan Tinggi
-Anggaran Rp 1 Miliar
-Pendaftaran 2 s.d 25 Juni
-Mahasiswa Berprestasi dan Kurang Mampu
-Prodi dan Jurusan Minimal Akreditasi B

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top