Konawe Utara

BPBD Lobi BNPB Bangun Hunian Tetap

KENDARINEWS.COM — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe Utara (Konut) terus melakukan koordinasi dan komunikasi ke pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Khususnya terkait rencana pembangunan hunian tetap (Huntap) untuk korban banjir 2019 lalu. Pasalnya, ratusan warga yang terdampak hingga kini masih berada di lokasi hunian sementara (Huntara).

“Untuk rencana pembangunan Huntap yang perlu disiapkan adalah lokasi lahan, sambil melakukan lobi dengan BNPB. Pada intinya, BPBD Konut masih berusaha melakukan komunikasi dengan Pemerintah Pusat, untuk pembangunam Huntap,” ujar Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Konut, Djasmiddin, Selasa (29/12). Untuk rencana pembangunan Huntap, Pemkab Konut melalui BPBD belum dapat memastikan, sebab komunikasi dengan BNPB masih terus dilakukan.

Djasmiddin menjelaskan rencana pembangunan Huntap dimungkinkan terdapat beberapa opsi. “Entah di Huntara, bisa juga di lokasi warga penghuni Huntara atau mungkin akan direlokasi pada lahan yang lain. Semua itu tergantung kebijakan Pemerintah Daerah,” ujarnya. Sedangkan untuk anggaran pembebasan lahan, kata, Djasmiddin, dalam penyusunan rencana kegiatan anggaran (RKA) tahun 2020, biaya pembebasan lahan telah diporsikan. Namun, dengan adanya wabah Covid-19 yang melanda menjadi penghambat.

“Sudah diusulkan untuk anggaran pembebasan lahan. Tahun 2021 juga sudah usulkan kembali. Tetapi untuk besarannya saya kurang tahu pasti, karena masih dalam DPA. Yang pasti, Pemkab Konut masih memikirkan agar warga yang berada di Huntara secepatnya dibangunkan Huntap,” pungkas Djasmiddin. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top