Kolaka Utara

BPBD Kolut Siaga Bencana Setiap Saat


KENDARINEWS.COM — Sejumlah instansi yang terlibat dalam upaya penanganan kemungkinan bencana alam di wilayah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) telah disiagakan melalui Operasi Aman Nusa II. Seremonial kesiapsiagaan itu dihelat di halaman Mapolres Kolut dipimpin langsung Wakil Bupati (Wabup), H. Abbas, Jumat (13/11). Kata Abbas, sikap siaga bencana itu diharapkan hanya berlangsung pada apel saja namun setiap saat. Sebab musibah bisa datang kapan saja. “Semua harus mengambil bagian. Diketahui Kolut rentan bencana alam baik banjir, longsor, angin puting beliung hingga kebakaran. Termasuk waspada La Nina,” pesan Wabup.

Sikap siaga bencana di Kolut dilakukan melalui sebuah apel bersama, kemarin. Semua pihak diminta mengambil bagian dalam mengantisipasi gejala alam tersebut. Kolut rentan bencana banjir, longsor, angin puting beliung hingga kebakaran, termasuk La Nina

Di tempat yang sama, Kapolres Kolaka Utara, AKBP I Wayan Riko Setiawan juga menegaskan, seluruh personelnya siap siaga kapan saja dibutuhkan untuk dilibatkan. Sejumlah peralatan pendukung juga disiapkan guna menunjang penanganan di lokasi bencana. “Jajaran kami selalu siap terlibat kapan dan di mana pun,” tegasnya. Kepala BPBD Kolut, Hj. Syamsuryani merinci, jumlah peralatan lapangan instansinya yang stand by meliputi perahu karet dan perahu polithylin masing-masing satu unit, jaket pelampung delapan unit, mesin pompa dua unit, mobil rescue, ambulans, serbaguna dan mobil dapur lapangan empat unit. Tenda keluarga dua dan tenda pengungsi empat unit, alat komunikasi berupa HT dan RIG masing-masing satu. “Kami juga memiliki 12 relawan (TRC) yang selalu siaga dan sigap merespon,” pungkasnya. (b/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top