Metro Kendari

BNNP Sultra Musnahkan 678,12 Gram Sabu

KENDARINEWS.COM — Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra memusnahkan barang bukti narkotika golongan 1 jenis sabu yang pertama tahun 2021. Dari barang bukti sabu sitaan seberat 713,12 gram, hanya 678,12 gram yang akan dimusnahkan. Sedangkan sisanya 35 gram untuk kebutuhan laboratorium dan persidangan. Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Sabaruddin Ginting mengatakan barang bukti sabu yang dimusnahkan merupakan hasil pengungkapan jaringan di wilayah hukum Sultra. Pemusnahan barang bukti ini tak hanya sebagai wujud transparansi, namun juga mencegah pengalihan atau penyalahgunaan barang haram itu.

“Barang bukti ini berasal dari pengungkapan kasus narkoba jenis sabu seberat 713,12 dari seorang pengedar berinisial LDS (31). Pelaku diamankan di Jalan Pramuka Kelurahan Watulondo, Kecamatan Puuwatu, Kota Kendari,” beber Brigjen Pol Sabaruddin Ginting, Senin (22/2).
Pemusnahan ini sambungnya, bertujuan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan barang bukti. Selain itu, hal ini juga merupakan rangkaian proses penyidikan. Di mana barang bukti yang sudah mendapat ketetapan status dari Kejaksaan Negeri untuk dimusnahkan. Wajib segera dimusnahkan sesuai perintah undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

“Narkoba sangat berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat utamanya generasi muda. Untuk itu semua pihak diharapkan bahu membahu dan bersinergi dalam pemberantasan narkoba di daerah kita. Pemerintah dan masyarakat dituntut untuk berperan aktif sesuai dengan porsi dan kapasitasnya masing-masing,” ujarnya. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top