Muna Barat

BNNP Sultra Bakal Bentuk BNN di Mubar

BNNP Terima Kunjungan Anggota Parlemen Mubar
-Jajaki Pembentukan BNNK

KENDARINEWS.COM — Badan Nasional Narkoba (BBN) terus melebarkan sayapnya di Sultra. Saat ini, BNNP Sultra tengah menjajaki pembentukan BNN Kabupaten di Muna Barat (Mubar). Untuk mematangkan rencana itu, BNNP melakukan pertemuan dengan anggota parlemen Mubar, Kamis (10/6).

Kepala BNNP Sultra, Brigjend Pol Sabaruddin Ginting, SIK mengatakan penyalahgunaan narkoba harus mendapat perhatian semua stakeholder. Sebab penyalagunaan narkoba tidak hanya di perkotaan, namun juga di pelosok pedesaan. Buktinya, tidak ada satu desa pun yang berani memploklamirkan diri sebagai desa yang bersih narkoba. Untuk itulah, persoalan narkoba di Sultra perlu penanganan serius.

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Sabarudin Ginting SIK (kanan) saat menyerahkan cinderamata kepada perwakilan Anggota DPRD Muna Barat saat berkunjung ke Kantor BNNP Sultra, Kamis (10/6).

“Saya mengapresiasi kunjungan pimpinan dan anggota DPRD Mubar. Ini menujukkan kita memiliki komitmen sama memerangi narkoba,” kata jenderal bintang satu ini didampingi Pejabat Utama BNNP Sultra saat menerima kunjungan kerja pimpinan dan anggota DPRD Mubar kemarin.

Dalam rapat konsultasi vertikalisasi pembentukan BNNK Mubar, Sabaruddin Ginting memaparkan dampak buruk penyalahgunaan narkoba dan berbagai penanganan dan pemetaan kasus narkoba di Sultra. Menurutnya, sindikat pengedar menggunakan berbagai cara untuk membawa barang haram ini ke Sultra. Mereka menggunakan semua jalur transportasi termasuk jasa pengiriman barang.

“Selain tindakan penegahakan hukum, kami juga aktif dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN). Pada prinsipnya, BNNP merasa perlu membentuk satuan kerja (satker). Hanya saja, harus ada persyaratan yang harus dipenuhi,” jelasnya.

Anggota Komisi III DPRD Mubar, La Ode Sariba, SP mengatakan wilayah Mubar sangat strategis bagi para bandar dan pengedar narkoba lantaran banyak memiliki pelabuhan laut. Hal itu ditandai dengan adanya beberapa kasus penangkapan dan pengungkapan kasus narkotika di wilayahnya.

“Untuk itulah, kami berharap agar dapat bekerjasama dan bersinergi dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba,” pintanya.

Pertemuan itu berjalan menarik. Antara BNNP dan parlemen Mubar saling memberi masukan agar pembentukan BNNK secepatnya terealisasi. DPRD Mubar bahkan siap memberikan dukungan dana dalam bentuk hibah jika kelak BNNK Mubar dapat terbentuk. (lis/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top