HEADLINE NEWS

BNN Sukses Bongkar Sindikat Pengedar Narkoba di Sultra

KENDARINEWS.COM — War on Drugs atau perang terhadap narkoba gencar dilakukan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sultra. Satu persatu sindikat pengedar narkotika di Bumi Anoa mampu dibongkar. Selama periode Januari hingga 27 Mei 2021, BNNP berhasil mengamankan barang bukti sabu sebesar 2.703,120 gram atau sekitar 2,7 kilogram.

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Sabaruddin Ginting

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Sabaruddin Ginting mengatakan sindikat narkotika terus bergerak dan semakin marak meski dalam kondisi pandemi. Namun, BNN tak pernah lengah sedikit pun dalam menghadapi para bandar dan pengedar narkotika. Dalam pengungkapan kasus narkoba, pihaknya turut berkoordinasi dengan Polri dan instansi terkait lainnya.

“Pada tahun 2020 lalu, barang bukti narkotika yang disita sebanyak 4,7 kilogram (kg) sabu dan 90 gram ganja. Dari hasil operasi, kami mengamankan 15 pengedar. Tahun ini, kita akan semakin tingkatkan termasuk dalam upaya pencegahan,” kata Brigjen Pol Sabaruddin Ginting, Kamis (27/5).

Dalam penanganan Narkoba lanjut Jenderal bintang satu ini, pihaknya menggunakan beberapa strategi pendekatan. Pertama pendekatan supply reduction yang bertujuan memutus mata rantai pemasok narkotika, mulai dari produsen sampai pada jaringan pengedarnya. Selanjutnya, pendekatan demand reduction, memutus mata rantai para pengguna. Ketiga pendekatan harm reduction, pendekatan pengurangan dampak buruk terkait narkoba.

“Suplly reduction dilakukan BNNP Sultra dengan cara memberantas sindikat narkotika secara tegas dan terukur. Sementara strategi demand reduction dilakukan dengan kegiatan pencegahan, pemberdayaan masyarakat dan rehabilitasi” ujarnya.

BNNP Sultra juga memanfaatkan sarana media massa, bertatap muka langsung dengan masyarakat hingga menyebar spanduk, baliho, roll banner, branding, stiker dan koran. Gencar melakukan sosialisasi dan tes urine di instansi baik pemerintah maupun swasta dan tempat lainnya.

“Untuk menjadi perhatian bersama, bahwa narkoba adalah permasalahan bangsa, oleh karena itu BNNP Sultra menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk terus mengobarkan api semangat, berjuang bersama, berperang melawan kejahatan narkoba,” pungkasnya. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top