HEADLINE NEWS

BMKG : Gempa 3,6 SR Akibat Aktivitas Sesar Kendari

KENDARINEWS.COM — Gempa berkekuatan 3,6 Skala Richter (SR) terjadi di Kota Kendari, Rabu (1 September 2021). Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari menyebut, gempa yang terjadi disebabkan oleh aktivitas Sesar Kendari segmen North di Tenggara Puuwatu.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari segmen North di Tenggara Puuwatu, Kota Kendari,” kata Kepala BMKG Kendari, Rudin dalam keterangan persnya.

Lanjut dia, berdasarkan hasil analisis pihaknya, gempa bumi yang terjadi sekira pukul15.50 wita itu. terletak pada koordinat 3.97 LS, 122.47 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 0.5 km, Tenggara Puuwatu, Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 5 km.

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” kata Rudin. (ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top