Buton

Besaran Zakat di Buton Sama Tahun Lalu

KENDARINEWS.COM — Idul Fitri 1442 Hijriah atau 2021 Masehi diprediksi akan dirayakan pada tanggal 13 atau 14 Mei. Sebelum momentum hari kemenangan tersebut tiba, salah satu kewajiban yang harus ditunaikan setiap umat muslim adalah membayar zakat. Di Buton, besar zakat baru saja ditetapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Nominalnya masih sama dengan tahun lalu. Pengonsumsi beras kepala Rp 35.000 atau 3,5 liter x Rp 10. 000. Beras biasa Rp 31.500 atau 3,5 liter x Rp 9.000. Pengonsumsi jagung Rp 17.500 atau 3,5 liter x Rp 5.000.

Bupati Buton, La Bakry, mengatakan, kondisi ekonomi masyarakat belum stabil. Corona virus masih berdampak hingga kini. Itulah alasannya, besaran zakat tidak dinaikan. “Melihat kondisi perekonomian masyarakat tahun ini yang masih belum stabil hampir sama dengan tahun kemarin diakibatkan pandemi Covid-19. Jadi infak agar disamakan dengan tahun sebelumnya. Sambil kita melihat kondisi untuk tahun selanjutnya,” terang La Bakry, Minggu (2/5).

Ketua DPD II Golkar Buton ini sekaligus juga mengimbau para camat dan pihak Kantor Urusan Agama (KUA) agar penyaluran zakat fitrah diatur lebih cepat untuk menghindari kerumunan. “Usahakan H-1 lebaran sudah tuntas penyalurannya,” sambungnya.
Selain menyepakati besaran zakat, Pemkab Buton juga menetapkan titik salat. Untuk wilayah ibu kota Pasarwajo, salat Ied akan dipusatkan di Lapangan Banabungi. Sementara, kecamatan lainnya diarahkan untuk mencari lokasi yang luas agar menghindari kepadatan atau dipusatkan di lapangan masing-masing.

“Semua tetap menerapkan protokol kesehatan. Petugas kesehatan harus ada mengecek suhu tubuh dan menyiapkan hand sanitizer untuk digunakan para jamaah,” tegas suami Delya Montolalu tersebut. Lebih dari itu, La Bakry juga mengingatkan bahwa tidak diperbolehkan takbir keliling. Itu hanya bisa dilakukan di masjid masing-masing. “Tidak usah ada arak-arakan keliling, cukup di masjid saja takbirnya,” pungkasnya. (b/lyn)

  • Besaran Zakat Fitrah di Buton :
  • Pengonsumsi Beras Kepala : Rp 35.000 atau 3,5 liter x Rp 10. 000
  • Pengonsumsi Beras Biasa : Rp 31.500 atau 3,5 liter x Rp 9.000
  • Pengonsumsi Jagung : Rp 17.500 atau 3,5 liter x Rp 5.000
  • Infak dan sedekah minimal Rp 5.000
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top