Muna

Bermasalah, 19 CPNS Muna tak Terima SK 80 Persen

KENDARINEWS.COM — Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lingkup Pemkab Muna yang lulus seleksi akhirnya bisa tersenyum semringah. Petikan surat keputusan (SK) pengangkatan 80 persen yang lama dinanti-nanti telah dikantongi. Namun tidak semua CPNS yang lulus seleksi menerima SK pengangkatan. Dari 231 CPNS, terhadap 19 yang belum menerima lantaran persoalan teknis. Bupati Muna LM. Rusman Emba menjelaskan penyerahan SK itu berarti menambah jumlah ASN di lingkup Pemkab Muna. Ia berharap, CPNS menjadi tenaga baru yang produktif. Dengan begitu, performa birokrasi bisa lebih optimal dalam rangka memberikan pelayanan publik. “Saya minta segera menyesuaikan diri dilingkungan tugas baru. Terutama sekali membangun sinergi dan bekerja secara tim dengan senior yang sudah lebih dulu ada di instansi terkait,” terangnya.

Rusman menambahkan CPNS juga harus memahami visi pemerintah daerah saat ini. Hal itu dibutuhkan untuk memudahkan konsolidasi birokrasi sehingga tercipta iklim kerja yang solid dan produktif. Ia juga meminta CPNS harus memberi warna berbeda seperti melahirkan inovasi dan kreatifitas. “Kita harus bekerjasama melaksanakan fungsi pelayanan dan pembangunan untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” pintanya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia Muna, Sukarman Loke mengatakan belum semua CPNS yang lulus mendapatkan SK 80 persen. Saat ini, terdapat 19 orang CPNS yang belum menerima diakibatkan masalah teknis. “Dari 236 formasi yang lulus hanya 231. Tetapi yang hari ini menerima SK 80 persen baru 212 orang. Sedangkan 19 orang lainnya masih berproses karena masih ada kendala administrasi. Seperti dokumen ijasah asli terlegalisir yang belum terupload di sistem,” jelasnya.

CPNS baru ini kata dia, selanjutnya akan menjalani masa orientasi selama tiga hari sebelum bertugas di jabatan masing-masing. Mereka diminta mengikuti proses itu dengan baik dan disiplin. Ia juga menekankan, para CPNS juga harus menunjukkan kinerja baik selama bertugas. Terutama, hal paling penting yang harus selalu dipatuhi oleh abdi negara baru itu ialah loyalitas pada atasan. Hal itu untuk memudahkan konsolidasi birokrasi dalam pelaksanaan visi pemerintah daerah. “Karena keputusan menjadi CPNS adalah pilihan hidup yang harus dijalani sepenuhnya. Maka dari itu, bekerjalah dengan loyal dan profesional,” paparnya. (b/ode)

Penerbitan SK 80 Persen
Terima SK 212 CPNS
Belum Terima SK 119 CPNS
Total 231 CPNS

Penyebabnya
-Berkas Belum Lengkap
-Dokumen Ijazah Asli Terlegalisir Belum Terupload

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top