Nasional

Berdayakan Warga Binaan, Pengusaha Muda Asal Sulsel Diapresiasi Putra Presiden

KENDARINEWS.COM — Nama Andi Fahrul Amsal, pengusaha muda asal Sulsel langsung “naik daun” setelah disinggung putra Presiden Jokowi yang juga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Direktur Utama dan Owner PT Amura Pratama itu diapresiasi Gibran Rakabuming, karena kiprahnya dalam memberdayakan warga binaan Rutan Kelas 1 Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Mereka dibina untuk produktif lewat industri garmen milik Andi Fahrul, sehingga ketika keluar rutan nanti bisa mandiri. Gibran sangat bangga, ada orang bugis datang membantu di masa pandemik, dengan membuka lapangan pekerjaan di Solo.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat mengunjungi warga binaan Rutan Kelas 1 Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (15/9/2021). Tampak Gibran (tengah) berdiskusi dengan salah seorang pejabat Lapas.

Apresiasi itu disampaikan Gibran saat melakukan kunjungan kerja di Rutan Kelas 1 Kota Surakarta, Rabu (15/9/2021). Dia mengaku pernah kunjungan ke Rutan Kelas 1 Surakarta beberapa waktu sebelumnya. Kala itu sudah ada mesin jahit, tetapi belum memproduksi. Namun sekarang sudah ada industri garmen.

“Ini kali kedua, saya datang ke Rutan Kelas 1 Surakarta. Warga binaan sudah dilatih oleh Balai Latihan Kerja (BLK) dan saya juga ditunjukkan sertifikatnya,” kata Gibran.

Menurut Gibran, industri Garmen di dalam rutan ini, sekarang banyak orderan seperti kaos berkerah, hem, dan celana panjang ada ribuan potong. Bahkan, warga binaan kemasyarakatan di Rutan Kelas 1 Surakarta ini, sebelumnya mendapatkan pesanan membuat goodie bag ada 3.900 buah dan ini, sangat luar biasa.

Warga binaan pemasyarakat (WBP) Rutan Kelas 1 Surakarta ini, benar-benar dibina untuk produktif, karena mereka mempunyai soft dan hard skill. Mereka selain bisa mencukur rambut, juga menyablon, melukis,menjahit, dan ada bisa mendesain sangat luar biasa.

“Kita dorong supaya warga binaan di Rutan Surakarta produktif. Sehingga ketika mereka keluar bisa wirausaha atau melamar di tempat usaha pabrik. Saya apresiasi Rutan Surakarta karena betul-betul mendukung warga binaan untuk lebih baik ke depan,” jelasnya.

Gibran berharap semoga Rutan nanti lebih banyak lagi membuat pabrik-pabrik sehingga warga binaan produktif semua. “Saya melihat kualitas kontrol tidak kalah sama yang di pabrik-pabrik, dan alatnya juga lengkap semua di dalam Rutan,” katanya.

Kepala Rutan Kelas 1 Kota Surakarta, Urip Dharma Yoga mengatakan, pihaknya terima kasih kunungan kerja Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka yang memberikan dukungan adanya Rutan produktif yakni Industrigarmen di Kota Surakarta.

“Kami mendapatkan kunjungan Wali Kota Surakarta yang memberikan support berupa obat-obatan, vitamin dan masker untuk warga binaan. Sekaligus meninjau Rutan Kelas 1 Surakarta yang diubah menjadi rutan produktif membentuk industri garmen di dalam rutan,” imbuhnya. (Fajar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru

To Top