Nasional

Berantas Narkoba dari Desa/Kelurahan

Kendari Pos Raih Penghargaan BNNP

KENDARI, KENDARINEWS.COM–Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (Hani) di level nasional dipimpin Wakil Presiden RI, KH. Ma’ruf Amin. Di Sultra, Gubernur Ali Mazi, Kepala BNNP Sultra Brigjen Pol Sabaruddin Ginting, dan Forkopimda mengikuti secara virtual di rumah jabatan Gubernur Sultra, Senin (28/06/2021). Dalam peringatan Hani 2021, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, meluncurkan program Desa Bersih Narkoba (Bersinar) secara virtual.

Program Desa Bersinar merupakan salah satu upaya berkesinambungan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dari Badan Narkotika Nasional (BNN). BNNP Sultra pun meneguhkan komitmennya untuk perang melawan narkoba (War on Drugs).

Gubernur Sultra, Ali Mazi mengatakan, peran seluruh masyarakat dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkoba sangat penting. Bahkan melalui program desa bersinar tentunya perlu ada peran semua elemen, baik Pemda, BNN dan Forkopimda serta masyarakat. “Tugas kita adalah memberantas narkoba sampai keakar-akarnya. Ini adalah harga mati. Peringtaan Hani ini menjadi momentum membangun kesadaran kita tentang bahaya narkoba dan memberantasnya,” ujarnya dalam peringatan Hani di Rujab Gubernur Sultra, Senin (28/06/2021).

Kepala Kejati Sultra, Sarjono Turin (dua dari kiri) didampingi Gubernur Sultra Ali Mazi (kiri) menyerahkan piagam penghargaan kepada Harian Kendari Pos yang diterima Wakil Direktur Kendari Pos, Agus Tranhadi (tiga dari kanan) dalam peringatan Hani 2021 di Rujab Gubernur Sultra, Senin (28/06/2021).
MUH. ABDI ASMAUL AMRIN/KENDARI POS

Kepala BNNP Sultra, Brigjen Pol Sabaruddin Ginting, mengatakan, peringatan Hani sesungguhnya menjadi momen keprihatinan semua pihak, baik negara, aparat hukum maupun masyarakat karena peredaran narkoba sangat membahayakan masyarakat dan generasi bangsa.

“Narkoba tak bisa kita perangi sendiri, karenanya saya sangat berterimakasih kepada semua pihak baik Pemprov Sultra, pemerintah kota, pemerintah kabupaten, beberapa instansi lainnya dan media massa yang telah membantu kami memerangi narkoba di wilayah Sultra,” ujar Brigjen Pol Sabaruddin Ginting, usai peringatan Hani di Rujab Gubernur Sultra, Senin kemarin.

Brigjen Pol Sabaruddin menjelaskan, Bersinar merupakan program BNN untuk memberantas narkoba mulai dari desa dan kelurahan dengan melibatkan pemerintah desa dan masyarakatnya. Merekalah yang menjadi garda terdepan dalam pencegahan peredaran narkoba di level desa dan kelurahan. “Tidak semua desa atau kelurahan dapat menjadi sasaran Desa Bersinar. Ini berdasarkan kajian dan analisa kita berdasarkan angka penyebaran tinggi, itulah yang dijadikan prioritas, ” ungkapnya.

Di Sultra, empat kelurahan yang jadi prioritas Bersinar. Semuanya di Kota Kendari. “Dua prioritas dari BNNP dan dua lagi dari BNNK yakni Kelurahan Mandonga, Sanua, Kemaraya dan Kelurahan Kadia. Ke depan dari BNNK juga punya prioritas desa yang bakal dijadikan pilot project untuk program Bersinar di Sultra,” jelas Brigjen Pol Sabaruddin Ginting.

Angka peredaran Narkoba di Sultra masih tinggi. Periode Januari hingga Juni 2021, BNNP mengungkap dan mengamankan barang bukti narkoba jenis sabu sekira 4 kilogram. Hasil temuan itu diestimasi dapat merusak 10 ribu orang yang menyalahgunakannya.

Dalam peringatan Hani 2021 yang digelar kemarin, Harian Kendari Pos dianugerahi penghargaan dari BNNP Sultra. Kendari Pos dinilai berkontribusi mendukung BNNP Sultra dalam upaya pencegahan dan pemberantasan narkoba. Kendari Pos melalui fungsi persnya, menyajikan informasi tentang bahaya narkoba. Kontennya informasinya bernilai edukatif dan menyukseskan sosialisasi BNNP Sultra akan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Bagi Kepala BNNP Sultra Brigjen Pol Sabaruddin Ginting, peran media massa sangat sentral dalam upaya edukasi bahaya akan penyalahgunaan narkoba. Ramuan berita yang konstruktif, humanis, dan inovatif dapat membantu kerja BNNP mengedukasi para pelajar dan kaum milenial lainnya agar tak terpengaruh dengan narkoba.

Menurut Brigjen Pol Sabaruddin, media massa sekaliber Harian Kendari Pos merupakan pilihan tepat untuk bersinergi. Karena memiliki platform pemberitaan yang lengkap. Kolaborasi konvensional dan digital. “Kendari Pos adalah media massa yang kreatif dan inovatif,” imbuhnya.

Sebelumnya, Dirut Kendari Pos Irwan Zainuddin mengapresiasi penghargaan yang diraih dari BNNP Sultra. Menurutnya, kontribusi Kendari Pos dalam menyajikan informasi edukatif tentang bahaya narkoba untuk menyelamatkan generasi bangsa adalah tanggung jawab yang mesti ditunaikan.

Irwan Zainuddin menegaskan kesiapan Kendari Pos untuk bersinergi dengan BNNP Sultra dalam gerakan mengedukasi masyarakat dan pelajar akan bahaya narkoba. “Terima kasih atas penghargaan yang diberikan BNNP Sultra. Kami selalu siap dan terbuka untuk misi kemaslahatan bangsa. Termasuk memerangi narkoba,” kata Irwan Zainuddin. (rah/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru


To Top